DIRI NIR-CAHAYA

Oleh Wa Ode Zainab Zilullah Toresano

 

al-quran-497x350Pagi hari ini saya janjian dengan Nur Hayati Aida untuk berangkat ke Cirebon bersama2 dari Stasiun Senen. Kami bermaksud menghadiri resepsi pernikahan Fikriyah Rasyidi, Saya tiba pkl 5.40, lebih awal dr kesepakatan. Saya menyempatkan diri untuk belanja roti dan minum untuk sarapan. Setelah itu, saya menunggu kedatangan Aida di ruang tunggu selatan.

Selang beberapa menit, datang seorang ibu yang kira2 berusia setengah abad. Ia terlihat mengincar kursi kosong, tepat di samping saya. Akhirnya saya berinisiatif untuk menggeser tempat duduk dan kantong belanjaan agar ibu tersebut bisa duduk nyaman. Ternyata niat baik saya tak sejalan dengan penilaian ibu itu. Ia pun menatap dengan sinis, tepat di hadapan saya. Tampak bola matanya nanar, begitu menusuk relung hati. Kemudian, ia menginjak kaki sebelah kanan saya dg senyuman puas. Sontak saya kaget bukan kepalang. Bukan hanya disebabkan kotornya kaos kaki pink kesayangan saya, tapi juga karena perlakuan ibu tersebut yang di luar dugaan.

Setelah bertemu dengan Aida beberapa menit mendatang, saya bercerita tentang kejadian tersebut dengan berapi-api. Sahabat saya menanggapi hal tersebut dg kata2 bijak, “Nab, perasangka itu hadir ketika diri nir-cahaya.”

Ya memang ketiadaan cahaya dlm diri tidak hanya membuat kita mustahil memancarkan cahaya, tapi juga membuat kita tak bisa melihat cahaya orang lain. Setiap niat baik acap kali tidak dinilai baik. Faktanya, dunia memang dipenuhi dengan “persepsi2”. Jadi, betapa buruknya penilaian orang-orang terhadapmu, tetaplah berbuat baik!

Bila umat manusia tak menerima kebaikanmu, tetaplah berbuat baik! Pancarkanlah cahaya dalam dirimu dg kebaikan! Bukan “karena” atau “mengapa”, berbuat baiklah! Pada akhirnya, semua bermuara pada “Cahaya di atas cahaya”.

NB: Nasehat bagi diri sendiri

Facebook Comments

Topik Tarkait

4 thoughts on “DIRI NIR-CAHAYA

  1. Hi, always i used to check website posts here in the early hours in the break of day, for the reason that i like to
    gain knowledge of more and more.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 2 =