Duta Besar Iran untuk India Menekankan Perluasan Kerja Sama Ekonomi

JAKARTA, www.sorotparlemen.com, 30/10/2020 — Dalam webinar bertema “Promosi Perdagangan antara Iran dan India: Tantangan dan Peluang”, yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri PHD, Duta Besar Republik Islam Iran untuk India, Ali Chegini, mangatakan bahwa kalangan bisnis di India perlu meningkatkan perdagangan dengan Iran dalam sektor-sektor perminyakan, pengepakan (packaging), dan pertanian. (iranpress.com, 29 Oktober 2020).

Ia melanjutkan, perjanjian perdagangan preferensial antara dua negara perlu ditandatangani untuk memperluas pedagangan antara India dan Iran, juga untuk mengurangi kendala tarif kepabeanan.

Patut dicatat bahwa peningkatan mekanisme perdagangan barter akan menjadi langkah positif untuk memperluas hubungan antara dua negara (Iran dan India).

“Berdasarkan perjanjian bantuan hukum timbal balik (agreement on mutual legal assistance) dalam masalah-masalah sipil dan komersial, kami percaya bahwa proses interaksi bilateral akan membantu meningkatkan hubungan perdagangan dan ekonomi kedua negara,” tambah Chegini.

Sementara itu, Duta Besar India untuk Republik Islam Iran, Gaddam Dharmendra, juga mengatakan bahwa jalur-jalur laut dan udara akan meningkatkan perdagangan antara kedua belah pihak.

Dia kemudian menambahkan, pelabuhan Chabahar merupakan “Taj Mahal” baru bagi Iran yang juga dapat memfasilitasi hubungan perdagangan India dengan sejumlah negara, khususnya dengan negara-negara di kawasan Asia Tengah; dan di samping itu juga dapat menjaga rantai pasokan (supply chain). [**]


Diterjemahkan oleh La Ode Zulfikar Toresano (www.sorotparlemen.com/WSPC) dari
https://iranpress.com/content/29180

Image Source: https://cdn1.iranpress.com//uploads/image/2/original/2020/10/29/637396113591404152.jpg

You May Also Like