Ekspor Nonminyak Iran Akan Meningkat 20 Persen pada Maret  2017

 

2091553TEHRAN — Nilai ekspor non-minyak Iran direncanakan akan ditingkatkan sebesar 20 persen dengan nilai yang mencapai lebih dari 50 miliar dollar pada akhir Maret 2017. Demikian IRIB mengutip pernyataan Menteri Industri, Pertambangan, dan Perdagangan Mohammadreza  Nematzadeh  pada hari Sabtu pekan lalu (31/6).

Pernyataan itu dilontarkan dalam pertemuannya di Teheran dengan sejumlah eksportir dan perwakilan asosiasi ekspor.

“Diperkirakan, pada akhir tahun ini, nilai ekspor di sektor  industri, pertambangan, dan perdagangan  mencapai  38 miliar dollar; sedangkan untuk produk/komoditas pertanian dan kondensat gas masing-masing akan berkisar  5 miliar dollar dan 7 miliar dollar,” Nematzadeh menambahkan.

Ia juga menyebutkan, ada 32 negara yang telah ditentukan sebagai tujuan ekspor. “Berdasarkan kebijakan Ketahanan Ekonomi, harus ada penguatan dukungan komprehensif dan capaian yang berorientasi ekspor (dan juga kepentingan para eksportir),” tandas Nematzadeh, seraya menekankan pentingnya investasi untuk peningkatan (kegiatan) ekspor.

Menurut Administrasi Bea Cukai Iran, pada tahun kalender Iran yang lalu — yang berakhir pada 19 Maret 2016 — nilai perdagangan nonminyak mencapai  83 miliar dollar.

Pada tahun lalu, Tasnim News Agency  melaporkan, nilai  barang-barang ekspor adalah  42,415 miliar dollar, sedangkan  impornya mencapai  41,499 miliar dollar. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada penurunan  16,11 persen dalam nilai ekspor;  sementara penurunan yang sama juga terjadi pada nilai impor, yakni  sebesar  22,53 persen.

EF/MA. [**]

_______________________________

Diterjemahkan dan diedit dari http: //tehrantimes.com (“Non-oil  exports  from  Iran  planned  to  rise  20%  by Mar. 2017” — Senin, 30/5/2016) oleh La Ode Zulfikar Toresano  dan Tim Penerjemah  WSPC  (www.sorotparlemen.com/WSPC, Ahad, 5/6/2016).

Facebook Comments

You May Also Like