Ilmuwan Iran Mengembangkan “Telepon Pintar” untuk Mendeteksi Kanker Kulit secara Cepat

molescope-app-demonstrationTEHERAN (ISNA) — Seorang peneliti Iran, Maryam Sadeghi, bersama koleganya di  MetaOptima Co. mengembangkan  “telepon pintar” (smartphone) jenis baru untuk mengontrol  luka atau kelainan pada kulit.

Sebagaimana diketahui, jenis kanker apa pun dapat ditangani lebih baik bila dideteksi sejak dini. Penderita kanker kulit, misalnya, peluang untuk kelanjutan hidupnya bisa mencapai 98 persen bila terdeteksi sejak awal.

Kini sudah ada perangkat (instrumen) — yang cukup murah — yang dapat dipasangkan pada  smartphone dan bisa membantu  penanganan kanker kulit saat masih dalam tahap paling awal.  “Perangkat pendeteksi  melanoma*) yang bernama MoleScope itu adalah mikroskop kecil yang terpasang pada kamera telepon genggam (smartphone),” demikian ditulis dalam Digitaltrends.com.

Dalam hal ini ia (MoleScope) akan mencitrakan — dalam bentuk gambar — kelainan atau benjolan berukuran kecil (di kulit), lalu mengirimkannya ke platform  atau program  analisis khusus — yang disebut “DermEngine” — untuk dipelajari oleh para dokter.

Dengan demikian dapat dikatakan, dari perangkat tersebut, jika sedikit saja ada masalah atau kelainan, segera akan terlacak.

Sejak  dikembangkan oleh Maryam Sadeghi dalam penelitian Ph.D-nya di bidang computer science  beberapa  tahun yang lalu, MoleScope  akhirnya berhasil diwujudkan, dan ia diperkenalkan dalam  “Kongres Dunia tentang Penyakit Kulit” (World Congress of Dermatology) di Vancouver, Kanada, pekan ini.

MoleScope  bekerja dengan menggunakan aplikasi yang dirancang khusus untuk iOS, dan cocok untuk melacak bagaimana kelainan atau benjolan dan kondisi kulit dapat berubah dari waktu ke waktu.

“Sebagai pasien, saya tidak harus menunggu 12 bulan untuk terus menelepon dokter atau menggunakan kamera dokter untuk melihat/memeriksa kelainan atau benjolan saya, karena  saya dapat melakukannya dari rumah.  Perangkat tersebut memungkinkan pasien memiliki akses ke sistem yang sama seperti yang dimiliki dokter di klinik,” demikian Sadeghi mengutib pernyataan seorang pasien.

Selain itu, sama halnya dengan sejumlah smartphone  lainnya yang berbasis teknologi kedokteran, perangkat  tersebut  akan sangat membantu  bagi daerah-daerah  di mana layanan medis  (yang terspesialisasi) sangat minim atau daerah-daerah di mana dokter spesialis kanker kulit  sangat langka.

Gambar pencitraan berkualitas  tinggi  merupakan kunci  keefektifan MoleScope, dan  kehandalan kerjanya telah terbukti.

Menurut Sadeghi, ketika  perangkat  tersebut diuji, pembimbing Ph.D-nya mengamati gambar-gambar yang diambil dari kulitnya (Sadeghi) dan berhasil  melakukan diagnosa melanoma. Kami sangat beruntung karena ia (pembimbing tersebut) menemukan  melanoma  tersebut  pada tahap dini.

MoleScope  dapat dipesan  secara  daring (online), dan harganya untuk saat ini adalah $ 100. Versi  lainnya  dari  MoleScope  itu — yakni yang dilengkapi dengan fitur manajemen pasien tambahan — dijual seharga $ 200.  Saat ini MoleScope  cocok untuk iPhone 5  dan di atasnya. Versi  yang juga sekelas  adalah Android. [**]

Catatan:

*) Melanoma adalah jenis kanker (kanker kulit) berbahaya berupa tahi lalat berwana, yang terjadi pada melanosit: sel pigmen yang ada di kulit yang menghasilkan melanin (Redaksi www.sorotparlemen.com).

______________________

Diterjemahkan dan diedit dari  http: //isna.ir (Selasa, 28 Juli 2015 – 15: 11) oleh Wa Ode Zainab Zilullah Toresano dan Tim Penerjemah  www.sorotparlemen.com (Jum’at, 31/7/2015).

Facebook Comments

Topik Tarkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 − nine =