Indonesia Membeli 80.000 Ton LPG dari Iran

Iran-LPG-IndonesiaTEHRANShana News Agency melaporkan, Indonesia akan membeli 80.000 ton LPG (liquefied petroleum gas) dari Republik Islam Iran.

Pembelian tersebut dikukuhkan dalam sebuah kontrak antara Indonesia dan Iran yang ditandatangani di hadapan Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh dan Menteri ESDM  Sudirman Said di Teheran pada  Senin lalu  (30/6).

Dalam kontrak disebutkan, jumlah pembelian mencapai 500.000 ton yang akan direalisasikan tahun depan.

Dalam kesempatan itu Zanganeh menyatakan kepada Sudirman Said bahwa Iran dapat memperluas kerjasama tanpa batas dengan Indonesia, seraya menambahkan, Iran membuka semua pintu kerjasama selebar-lebarnya, baik untuk BUMN maupun perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak di  bidang perminyakan, gas, dan petrokimia.

Sebelumnya pada bulan Maret, Indonesia dan Iran juga menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) peningkatan kerjasama perminyakan, industry  gas dan petrokimia, serta  sektor-sektor lainnya.

Selain itu, pada 23 Februari lalu, delegasi Iran berkunjung ke Indonesia menghadiri kerjasama awal (pertama) komite ekonomi kedua negara (Iran-Indonesia) yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat.

Dalam kaitan ini, pada 24 Februari telah ditandatangani sebuah perjanjian kerjasama antara Dirjen Minyak dan Gas Kementerian ESDM Wiratmaja Puja dan mitranya, Marzieh Riahi, Direktur Urusan Asia Pasifik pada Departemen Urusan Internasional Kementerian Perminyakan Iran. [**]

________________________

Diterjemahkan dan diedit dari http: //tehrantimes.com (“Indonesia  to  buy 80,000 tons of LPG  from Iran” — Senin, 30/5/2016) oleh  Wa Ode  Zainab  Zilullah Toresano  dan  La Ode Zulfikar Toresano  (www.sorotparlemen.com, Sabtu, 4/6/2016).

 

Facebook Comments

You May Also Like