Iran akan Meresmikan Pusat Genom

genom-iranTEHERAN  (ISNA) “Iran berencana meresmikan pusat genom atau ‘Next Generation Sequencing‘/NGS (Rantai Generasi Lanjut) yang pertama di pusat riset genetika ‘University of Social Welfare and Rehabilitation Sciences’ (Universitas Kesejahteraan Sosial dan Sains untuk Rehabilitasi) pada beberapa bulan mendatang,” kata rcktor universitas ini, Hamid Reza Khorram.

Teknologi terbaru dan canggih yang pertama kali digunakan dalam projek yang disebut  “genom manusia” oleh peneliti-peneliti Amerika serikat (AS), Inggris, dan Jepang itu  akan menelan biaya sebesar 8 juta dollar AS.  Nantinya, di situ sejumlah ilmuwan akan membaca dan menganalisis semua informasi genetika manusia.

“Teknologi NGS mampu membaca dan menganalisis semua data genetika setiap orang,” ujar Hamid Reza.  Sejauh ini, dia menambahkan, teknologi tersebut belum pernah digunakan  di Iran.

Menurut dia, sampel DNA (Deuxobonucleid Acid/Asam Deuksorubonuklead) setiap warga Iran dapat dikirimkan  ke pusat genom tersebut untuk dilakukan penganalisaan informasi genetiknya dan kemudian dilakukan langkah-langkah efektif untuk mengobati berbagai penyakit, misalnya.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan, pusat genom akan menjalankan projek “Iranom” untuk  merangkai/mengurutkan data genetika berbagai suku yang ada di Iran dan menyimpan semua informasi tersebut dalam bank data genetika.

Menutup penjelasannya, Hamid Reza mengatakan, pusat genom tersebut akan didirikan  akhir tahun kalender Iran/Persia (yang jatuh pada 20 Maret tahun depan).

______________________

Diterjemahkan dan diedit dari  http: //isna.org (Selasa, 11/8/2015) oleh Wa Ode  Zahra Zilullah  dan La Ode Zulfikar Toresano (www.sorotparlemen.com, Ahad, 23/8/2015).

Facebook Comments

Topik Tarkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 3 =