Iran Berhasil Mengirimkan Monyet Tahap Kedua ke Luar Angkasa

monkeyTEHERAN —  Para peneliti Iran telah mengirimkan dan menyempurnakan penjelajahan  ke luar angkasa berupa makhluk hidup dengan tujuan untuk mengembangkan penelitian-penelitian ruang angkasa.

Penjelajah (explorer) yang diberi nama  “Pajouhesh” (bahasa Persia:  “Penelitian”) itu membawa seekor monyet  yang dengan berhasil menjalankan misi sub-orbit,  sehingga membuka peluang bagi Iran untuk mengirimkan manusia ke luar angkasa.

Explorer  tersebut menempuh lintasan sub-orbit  yang mencapai 120 KM dalam 15 menit,  dan akan kembali dengan membawa informasi kehidupan makhluk (monyet sebagai objek penelitian) yang aman dan sehat .

Para peneliti ruang angkasa Iran mendata dan mengontrol semua tanda atau gejala (signs) yang berkaitan dengan lingkungan kapsul hidup  (biocapsule) yang dikirimkan ke luar angkasa itu, yang meliputi  suara, aneka foto, kombinasi gas, dan  signs  vital mengenai makhluk hidup  (seperti  ecg, yakni indikator-indikator keadaan umum selama di luar angkasa). Mereka menyaksikan dan memantau  signs  tersebut  setiap saat  dari  stasiun di bumi (di Iran).

Informasi yang didapatkan dari penelitian luar angkasa tersebut sangat banyak membantu kepentingan para peneliti Iran untuk berkiprah dalam bidang  kehidupan di ruang angkasa (biospace), fisiologi, kedirgantaraan, dan rekayasa biomedis (biomedical engineering) yang berkaitan dengan teknologi ruang angkasa.

______________________

Diterjemahkan dan diedit dari  http: //isna.ir (Sabtu, 14 Desember 2013) oleh La Ode Zulfikar Toresano [www.sorotparlemen.com (transformasi dari BUTONet2) – Minggu, 14 Desember 2014].

Facebook Comments

You May Also Like

One thought on “Iran Berhasil Mengirimkan Monyet Tahap Kedua ke Luar Angkasa

Comments are closed.