Iran Konsisten Mendukung Hizbullah

hizbullahIran akan terus mendukung gerakan Hizbullah Libanon. Demikian ditegaskan seorang anggota senior Parlemen Iran, Hassan Asafari, seperti dikutip  Press TV, Sabtu (18/1/2014).

“Mendukung gerakan perlawanan Hizbullah Libanon adalah prinsip kebijakan luar negeri Iran,” kata Asafari. Ia menambahkan, bahwa Teheran akan terus berada di belakang Hizbullah.

Hassan Asafari pada Jumat (17/1/14) mengatakan hal itu merujuk pada pertemuan terbaru antara Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif dan Sekretaris Jenderal Hizbullah, Sayyid Hassan Nasrallah.

“Dalam pertemuan ini, Zarif menegaskan, bahwa dukungan akan terus diberikan kepada gerakan perlawanan Hizbullah, yang berusaha membangun perdamaian di Libanon dan melawan hegemoni,” jelasnya.

“Dalam kunjungan ke lima negara di kawasan, Zarif menekankan pentingnya menyelesaikan secara damai krisis regional serta memerangi ekstrimisme dan terorisme,” ungkap Asafari yang duduk di Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri  Parlemen Iran.

Lebih lanjut ia menjelaskan, “Menteri Luar Negeri Iran juga berkunjung ke Libanon, Irak, Yordania, Suriah, dan Rusia pada saat kondisi sangat sensitif, dan tentu saja kunjungan tersebut sangat bermanfaat.”

“Semua negara yang dikunjungi Zarif meyakini bahwa krisis Suriah tidak dapat diselesaikan secara militer, dan bahwa masalah ini harus diselesaikan melalui cara-cara dialog dan damai,” ujar Asafari lagi.

“Hanya rezim Israel yang mendukung teroris,” tegas beliau.

Satu hari sebelumnya, Juru Bicara Parlemen Iran, Ali Larijani juga menegaskan dukungan tanpa syarat Iran atas Hizbullah. Larijani mengatakan bahwa negaranya tidak akan pernah mengendurkan dukungan kepada Hizbullah.

Hizbullah, yang merupakan gerakan militan Syiah, mendapatkan dukungan keuangan dan militer dari Iran sejak berdiri pada tahun 1982, di tengah berkecamuknya perang antara Libanon dengan Israel. [**]

___________________________________

[BUTONet 2Wa Ode Zainab Z Toresano (sumber:  islamtimes.com)].

Facebook Comments

Topik Tarkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 − 11 =