Iran Menyebut Tuduhan Pengapalan Senjata (Roket) ke Gaza sebagai Skenario Penuh Kebohongan

IranIsraelTEHERAN, Jum’at – Iran membantah tuduhan Israel bahwa Teheran berusaha mengirim rudal ke Jalur Gaza melalui kapal laut, seraya menyatakan bahwa hal itu merupakan upaya Tel Aviv untuk menggagalkan perundingan nuklir antara Iran dan negara-negara besar .

“Tuduhan tersebut merupakan skenario penuh kebohongan yang hanya bisa tercetus dari pikiran sakit,” ujar  juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Marzieh Afkham dalam  pernyataannya  pada hari Jum’at (7/3).

Afkham menambahkan, lobi Israel secara nyata memperlihatkan diri bahwa  mereka berusaha merusak perundingan yang sedang berlangsung antara Iran dan Kelompok 5+1 (lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah  Jerman).

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebutkan bahwa kesepakatan nuklir antara Iran dan Kelompok 5+1 adalah “kesalahan sejarah”.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad  Zarif  juga menepis tudingan itu, dan menyebut mereka “berbohong”.   Dalam  akun  twitter-nya, Zarif menulis, “Sebuah kapal Iran membawa senjata ke Gaza dan dicegat? Ini menarik karena bertepatan waktunya dengan Konferensi  tahunan  AIPAC (American Israel Public Affairs Committee/Komite Hubungan Masyarakat Amerika Israel; sebuah lembaga lobi politik kuat di Amerika Serikat/AS). Koinsidensi yang  menakjubkan!!!  Atau sama dengan kebohongan yang gagal.”

Tuduhan  tersebut  dibuat  bersamaan  dengan kunjungan Netanyahu di Washington, di mana ia memanfaatkan pertemuan dengan Presiden AS Barack Obama dan berpidato di hadapan kelompok lobi Israel AIPAC untuk mengekspresikan ketidakpuasannya terhadap kesepakatan nuklir antara Iran dan Kelompok 5 +1 .

Pada hari Rabu, Israel mengklaim telah mencegat kapal yang mengangkut kiriman dari Iran berupa roket canggih  dengan tujuan Gaza, wilayah Palestina.

Hamas juga menolak tuduhan Israel itu dan menganggapnya sebagai  “lelucon konyol”. “Ini adalah kebohongan baru dari Israel yang tujuannya adalah untuk membangun pembenaran dan memperpanjang blokade atas Gaza,” kata Taher Al-Nono, Penasehat Perdana Menteri Palestina (yang terpilih secara demokratis), Ismail Haniyeh, yang juga sangat berpengaruh pada gerakan Hamas di Gaza.

Juru bicara militer Israel Peter Lerner mengatakan roket-roket tersebut  diterbangkan dari Suriah ke Iran, dan kemudian dikapalkan ke Irak lalu ke Sudan. MT / PA / HG. (Wa Ode Zainab Z Toresano / BUTONet 2: diterjemahkan dan diedit dari TehranTimes.com – 7/3/ 2014).

Facebook Comments

Topik Tarkait

One thought on “Iran Menyebut Tuduhan Pengapalan Senjata (Roket) ke Gaza sebagai Skenario Penuh Kebohongan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × four =