Iran Meraih Juara Umum Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika 2015 (IOAA)

1784145 SEMARANG, 4 Agustus (MNA) – Tim pelajar sekolah menengah Iran berhasil menang sebagai juara umum Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika ke-9 (9th International Olympiad of Astronomy and Astrophysics/IOAA), yang diselenggarakan pada 26 Juli-4 Agustus di Semarang, Jawa Tengah, dengan peserta dari 41 negara.

Hassan Saeid Dehghan, Wakil Direktur Lembaga Nasional untuk Pengembangan Bakat Unggul dan Peneliti Muda (Iran), mengatakan kepada Mehr News Agency/MNA bahwa Tim Iran berhasil meraih gelar juara umum IOAA dengan 3 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Fatemeh Zargarbashi, Arman Vasighzadeh, dan Ali Zareh masing-masing  memenangkan medali emas; sedangkan Saeid Hojjatinejad, Seyyed Morteza Sadat, Mohammad  Hadi Sotoudeh, dan Alireza Arjmand-Shakouri masing-masing mendapatkan medali perak. Sementara, Ali Chegini, Parsa Norouzi, dan Seyyed Ali  Hadian-Emraei mendapatkan (juga masing-masing) medali perunggu.

Dari semua yang diraih itu, anggota tim Iran tersebut masih mendapatkan lagi prestasi lainnya berupa penghargaan khusus, berturut-turut: Arman Vasighzadehn untuk nilai terbaik dalam analisis data, Fatemeh Zargarbashi sebagai pelajar paling kreatif, dan Ali Zareh untuk nilai terbaik penguasaan “teori”.

IOAA adalah sebuah acara tahunan yang menjadi ajang kompetisi pelajar-pelajar unggul tingkat sekolah menengah atas dari seluruh dunia. Event  ini  diprakarsai di Thailand pada tahun 2006 atas inisiatif lima negara: Iran, Thailand, Indonesia, China, dan Polandia; dengan tujuan untuk mengembangkan pemahaman ilmu astronomi di kalangan pelajar-pelajar sekolah menengah atas. Iran pernah bertindak sebagai penyelenggara IOAA pada tahun 2009. [**]

______________________

Diterjemahkan dan diedit dari  http: //mehr news (Selasa, 4/8/2015) oleh Wa Ode Zainab Zilullah Toresano dan Tim Penerjemah www.sorotparlemen.com  (Rabu, 5/8/2015).

 

Catatan Redaksi:

Dalam  Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika ke-9 (2015) itu, Indonesia meraih juara ketiga di bawah Iran dan India.

Facebook Comments

Topik Tarkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − three =