Kampanye Menuntut Pemberian Suaka untuk Snowden di Brazilia

snowdenSejumlah aktivis melakukan kampanye di luar gedung Kementerian Luar Negeri Brazilia di Buenos Aires untuk menuntut pemberian suaka atas Edward Snowden, yang bekerja sebagai tenaga kerja kontrak pada Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat / AS (NSA).

Pada hari Kamis (13/2), para aktivis tersebut berjalan menuju gedung Kementerian Luar Negeri sambil meneriakkan slogan-slogan dan membawa kotak  data sebagai simbol.

Mereka menyerahkan satu juta nama pemberi petisi, yang meminta pemberian suaka bagi Snowden.

Organisasi kampanye global, Avaaz, meluncurkan petisi pada Desember lalu dan telah mengumpulkan 1,1 juta tanda tangan secara  online.

Petisi ini menuntut Presiden Brazil Dilma Rousseff untuk menawarkan  suaka bagi Snowden sebagai  whistleblower.

“Kami menyerahkan dokumen kepada Kementerian Luar Negeri,” ujar Direktur Kampanye Avaaz Michael Freitas Mohallem, seperti dikutip AFP.

“Pemerintah Brazil menyatakan perlu ada permintaan resmi dari Snowden agar dapat diberikan suaka. Saat ini, lebih dari satu juta orang telah melakukan apa yang tidak bisa Snowden lakukan, dan mereka itu mengajukan permintaan dengan mengusung nama Snowden,” kata Direktur Avaaz Ricken Patel dalam sebuah pernyataan.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Brazil mengatakan bahwa permohonan para pemberi petisi itu akan diserahkan kepada Departemen Kehakiman .

Snowden mengatakan pada Desember tahun lalu bahwa ia siap membantu Pemerintah Brazil menyelidiki kegiatan mata-mata AS di negara-negara Amerika Latin.

Mantan karyawan CIA ini membocorkan dua rahasia program mata-mata Pemerintah AS, di mana Badan Keamanan Nasional AS ( NSA ) dan Biro Investigasi Federal ( FBI ) sedang menyadap jutaan data telepon di AS dan Eropa, juga data internet dari perusahaan internet raksasa seperti Facebook, Yahoo, Google, Apple, dan Microsoft.

Skandal NSA semakin heboh ketika Snowden mengungkapkan informasi tentang kegiatan spionase yang menargetkan negara-negara sahabat .

Oktober lalu, Rousseff membatalkan kunjungan ke Washington setelah terungkap bahwa ponselnya dipantau oleh program pengawasan (mata-mata) AS, sebagaimana kegiatan penyadapan yang dilakukan atas perusahaan minyak negara Petrobras dan juga banyak warga Brazil.

Snowden sekarang berada di Rusia setelah Moskow memberikan suaka kepadanya selama satu tahun sejak bulan Agustus. [**]

_________________________________

[BUTONet 2 : Wa Ode Zainab Z Toresano (dari berbagai sumber)].

Facebook Comments

Topik Tarkait

2 thoughts on “Kampanye Menuntut Pemberian Suaka untuk Snowden di Brazilia

  1. I don’t know if it’s just me or if perhaps everybody else experiencing issues with your website.

    It appears as though some of the written text within your posts are running off the screen. Can somebody else please comment and let me know if this
    is happening to them too? This might be a issue with my web browser
    because I’ve had this happen before. Kudos

  2. Hello i am kavin, its my first occasion to commenting anywhere, when i read this piece
    of writing i thought i could also create comment due to this brilliant
    paragraph.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 + 11 =