Kongres IV PDI-P : Jokowi – “Petugas Partai”? ¬(Bagian Pertama)

index

1. Benny Susetyo / Romo Benny Susetyo (Rohaniawan Katolik) :

Presiden Joko Widodo jangan lagi terlalu banyak blusukan dan ingin menyelesaikan banyak masalah. Fokus dulu ke persoalan-persoalan atau isu-isu utama yang terkait dengan kepentingan rakyat, yakni masalah kedaulatan pangan dan kedaulatan energi. Jokowi harus berani mengganti para menteri yang sudah jelas memiliki perbedaan ideologis atau tidak memiliki kapabilitas di bidangnya (TEMPO.CO, Sabtu, 11/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Romo Benny juga menegaskan bahwa pidato Megawati dalam Kongres IV PDI-P di Sanur, Bali (Kamis, 9/4/2015) itu ibarat seorang ibu yang menjewer anaknya untuk kembali ke jalan ideologi. Yakni, ideologi Trisakti yang telah diterjemahkan dalam program Nawacita. Sekarang ini telah kelihatan, kehidupan rakyat menjadi kian sulit dengan harga-harga yang makin mahal.

 

2. Bambang Dwi Hartono (Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu) :

Ketika PDI-P di luar pemerintahan (di masa lalu) banyak pilkada dimenangi. Sekarang saat jadi partai pemerintah, harus lebih banyak pilkada yang dimenangi. Targetnya, lebih 50 persen daerah yang menggelar pilkada tahun ini kami menangkan (Kompas, Ahad, 12/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Dalam menambahkan pernyataan Hasto Kristiyanto (Sekretaris Jenderal PDI-P) tentang strategi pemenangan menghadapi pilkada (akhir tahun 2015 ini), yang dibahas dalam Kongres IV PDI-P di Bali baru-baru ini (lihat Kompas, Ahad, 12/4/2015), Bambang Dwi Hartono menyatakan, PDI-P telah membagi daerah yang akan menggelar pilkada tahun ini dalam tiga kluster.
Kluster pertama adalah daerah yang jumlah kursi PDI-P di DPRD lebih dari 20 persen, kepala daerah petahana adalah kader PDI-P, atau daerah itu adalah basis pemilih tradisional PDI-P. Di kluster ini PDI-P harus mengusung kadernya menjadi kepala daerah.

Kluster kedua adalah daerah yang jumlah kursi PDI-P di DPRD sekitar 10 hingga 19 persen, atau wakil kepala daerah petahana adalah kader PDI-P. Di kluster ini PDI-P akan berkoalisi dan menempatkan kadernya menjadi kepala/wakil kepala daerah.

Kluster ketiga adalah daerah yang jumlah kursi PDI-P di DPRD di bawah 10 persen, atau PDI-P tidak mempunyai kader yang menonjol. Di kluster ini PDI-P akan berkoalisi dengan partai lain dan berupaya menempatkan kadernya menjadi wakil kepala daerah atau mendukung calon kuat dengan syarat dan kontrak politik.

 

3. Dewi Haroen (Pengajar psikologi politik Universitas Indonesia) :

(Jokowi jangan membagi-bagi kursi kepada koalisi partai politik yang tidak mendukungnya dalam pemilu presiden lalu, sehingga) harus ada perhitungan dan porsi tertentu dalam membentuk pemerintahan agar dapat berjalan dengan baik (Kompas, Ahad, 12/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Menurut Dewi, jika Jokowi menyalahi norma termaksud, atau membagi-bagi kursi kepada koalisi partai politik yang tidak mendukungnya dalam pemilu presiden lalu, maka dikhawatirkan akan berpengaruh negatif terhadap pemerintahannya.

 

4. Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) :

[Dalam pidato politik saat membuka Kongres IV PDIP di Bali, Kamis (9/4)] Ibu Megawati Soekarnoputri melakukan kontrol. Ibarat main bola, pemerintahan Jokowi hampir off side, jadi harus diingatkan (www.mediaindonesia.com, 10/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Dalam pidato — yang dihadiri para kader PDI-P (yang diucapkan/diistilahkan oleh Megawati sebagai “petugas partai”), juga Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, para Ketua Umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan — itu Megawati menyoroti berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia antara lain menyerukan kepada kader atau “petugas partai” di pemerintahan maupun di lembaga legislatif untuk mewaspadai berbagai upaya pihak tertentu, yang ia istilahkan sebagai “penumpang gelap” yang mengeruk kekayaan negara.

Tegasnya, dalam pidato politik (berdurasi 35 menit yang penuh semangat dan sempat diiringi linangan air mata) itu, Megawati dengan lantang menyatakan (mengingatkan), “Ada penumpang gelap yang hendak menguasai kekayaan negara, melakukan kontrak gelap berbagai kekayaan negara. Mari kita besarkan Indonesia Raya. Inilah (yakni keteguhan menjalankan konstitusi dan janji-janji kampanye merupakan) ikatan suci dengan rakyat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi pemimpin yang dicintai rakyat.”

Jadi, menurut Ganjar, Pidato itu multitafsir dari perspektif berbagai kalangan.

 

5. Gun Gun Heryanto (Pengamat komunikasi politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta) :

Yang kini mendesak dalah Presiden Joko Widodo harus menampilkan diri sebagai representasi kedaulatan dan kekuasaan rakyat. Ini harus jadi performa Presiden Jokowi yang sejauh ini belum kentara. (Dalam kondisi Indonesia sekarang ini, Presiden Jokowi akan sulit bersikap independen dari pengaruh politik); namun, ia tetap harus menampilkan performa riil. Bukan subordinat (Kompas, Kamis, 16/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Gun Gun menyampaikan hal itu, Rabu (15/4), dalam diskusi bertajuk “Rapor Kabinet Kerja Jokowi” di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Menurutnya, jika Presiden Jokowi mampu menampilkan citra yang tidak subordinat, makin mudah untuk menuntaskan kerja-kerja pemerintahan. Kekecewaan terhadap pemerintahan Jokowi memang mengemuka.

 

6. Hasto Kristiyanto (Sekretaris Jenderal PDI-P) :

Kami mengusulkan agar sistem pemilu legislatif diubah menjadi proporsional tertutup. Partai harus memperbaiki mekanisme internalnya secara transparan berdasarkan kompetensi, ideologi, dan pengabdian. Dengan demikian, mereka yang menjadi perwakilan partai di legislatif adalah yang teruji loyalitas dan kapasitasnya sebagai wakil rakyat dan anggota partai (Kompas, Ahad, 12/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Hasto mengatakan, hasil Kongres IV PDI-P merekomendasikan agar partai menjadi pusat dan penanggung jawab seluruh sistem politik bangsa. Untuk itu, antara lain, kongres juga merekomendasikan pengrevisian sistem pemilu legislatif proporsional terbuka (berdasarkan suara terbanyak) — seperti yang ada saat ini — agar diubah menjadi sistem pemilu legislatif proporsional tertutup.

Selain itu Hasto juga menyatakan, nomenklatur ketua bidang di PDI-P hasil Kongres IV memang sengaja disesuaikan dengan nomenklatur kementerian atau lembaga negara dalam Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla. Hal itu sejalan dengan mandat kongres bahwa PDI-P sebagai partai penguasa akan mengawal dan mengawasi jalannya pemerintahan. Misalnya, ada bidang baru, antara lain kemaritiman, perekonomian, dan ekonomi kreatif (Kompas, Selasa, 14/4/2015).

 

7. Hasto Kristiyanto (Sekretaris Jenderal PDI-P) :

(Koalisi yang dibentuk dalam pilkada akan melihat peta perpolitikan di daerah, dan) pengurus partai di daerah adalah yang paling paham peta politik di daerah. Jadi, kami akan mendengar mereka sebelum memutuskan berkoalisi dengan siapa di setiap daerah (Kompas, Ahad, 12/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Dengan kata lain, jika PDI-P harus berkoalisi dengan partai lain dalam pilkada, maka koalisi yang dibentuk akan mempertimbangkan peta perpolitikan di daerah. Sehingga, koalisi yang dibentuk tidak harus mengacu pada Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Ini merupakan bagian dari strategi pemenangan pemilihan kepala/wakil kepala daerah (pilkada) di 269 daerah yang akan di gelar akhir tahun (2015) ini. Strategi tersebut juga dibahas dalam Kongres IV PDI-P.

 

8. Ikrar Nusa Bhakti (Peneliti Senior LIPI) :

(Kritik petinggi PDI-P di depan umum terhadap kadernya sendiri, terutama yang sedang menjabat di pemerintahan, apalagi Presiden, akan mendistraksi dan mengganggu kinerja pemerintah; tentu saja) itu bukan berarti kritik dilarang, tetapi ada caranya. Kalau mau mengingatkan sebagai partai pengusung, lakukan secara santun dalam forum tertutup, jangan di parlemen atau di media massa (Kompas, Selasa, 14/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Sebagaimana diketahui, pidato Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri — dalam Kongres IV PDI-P di Bali (9-11 April 2015) — antara lain menyatakan siapa pun “petugas partai” (terma untuk para kader PDI-P yang sedang bertugas di legislatif maupun pemerintahan) yang tidak mau menjalankan instruksi partai sebaiknya keluar dari partai.

Megawati menyatakan, bahwa hubungan antara pemerintah dan partai politik pengusungnya adalah kehendak dan prinsip dalam demokrasi. Landasan konstitusionalnya pun sudah sangat-sangat jelas. (Waspadai potensi “penumpang gelap”, yang semula hadir dalam wajah kerakyatan kemudian berubah menjadi hasrat menguasai sumber daya alam bangsa) Inilah sisi gelap kekuasaan. Guna mencegah hal itu, saya menyerukan agar Indonesia ke depan harus benar-benar tangguh. Dengan kepemimpinan nasional baru, inilah saatnya kontrak Merah-Putih ditegakkan (Kompas , Jum’at, 10/4/2015).

Masih menurut Megawati, kesadaran awal ketika saya memberikan mandat kepada Bapak Jokowi, adalah komitmen ideologis yang berpangkal dari kepemimpinan Trisakti. Hukum demokrasilah yang mengatur itu, dan bahwa Presiden serta Wakil Presiden memang sudah sewajarnya dan sangat wajar menjalankan garis kebijakan politik Partai (www. berita-nusantara.com , Ahad, 12/4/2015).

Bahkan lebih tajam lagi — seolah membidik Jokowi — Megawati menyatakan dalam pidatonya dalam Kongres IV PDI-P itu, “Jadi, orang, kan harus amanah dan jangan lupa asal-usulnya.” (Kompas, Selasa, 14/4/2015).

***

AGAKNYA, bagi sorot parlemen dan masyarakat luas, PDI-P perlu dengan rendah hati melakukan introspeksi dan otokritik. Selain tugasnya harus melakukan kaderisasi yang berkualitas, menyiapkan regenerasi, membangun konsolidasi, membiasakan diri dengan budaya partai pemerintah, dan menuntaskan setiap tugas-tugas yang diamanatkan rakyat (seperti tercermin dalam ajaran Trisakti), juga tak kalah pentingnya adalah menjaga kesantunan berpolitik, yang di dalamnya termasuk cara melontarkan kritik dan memberikan masukan.

 

9. Iwan Sumule (Politisi Partai Gerindra) :

Di balik kegarangan Megawati Soekarnoputri yang tampak ketika berpidato (pada Kongres IV PDIP di Sanur, Bali, Kamis, 9/4/2015), ternyata terselubung ketakutan/kekhawatiran (Megawati) kepada Mas Joko (Joko Widodo). (Karena Presiden Jokowi menginginkan agar menterinya tidak menjabat dalam struktur partai, maka mungkin dalam pidatonya) Mas Joko akan mengatakan, bila mau menjadi pengurus partai, silakan keluar dari kabinet (Rakyat Merdeka Online / RMOL , Sabtu, 11/4/2015, 23 : 05 : 00 WIB).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Hal di atas dinyatakan Iwan dalam keterangannya beberapa saat lalu (Sabtu, 11/4). Menurut Iwan, Megawati Soekarnoputri khawatir puterinya Puan Maharani digusur dari kursi Kabinet Kerja. Kekhawatiran itu segera terlihat dengan dinonaktifkannya Puan dari jajaran pengurus DPP PDIP 2015-2020, padahal ia baru saja terpilih. Analisis Iwan, bahwa “Mas Joko akan mengatakan (dalam pidato di Kongres IV PDIP), bila mau menjadi pengurus partai, silakan keluar dari kabinet” — seperti disebutkan di atas — didasari atas pertimbangannya bahwa pernyataan Jokowi seperti itu bisa saja muncul jika Puan tidak langsung dinonaktifkan dari kepengurusan partai yang baru saja dijabatnya.

 

10. Joko Widodo (Presiden Republik Indonesia) :

Saya evaluasi (kinerja pemerintahan) setiap hari, setiap bulan. (Pidato Ibu Megawati — dalam Kongres IV PDIP di Bali, Kamis (9/4) — itu merupakan pesan untuk menjadi pemimpin yang baik karena) Pemimpin yang baik adalah yang mau melayani rakyat, yang punya ideologi (www.mediaindonesia.com, 10/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Presiden mengungkapkan hal itu saat mendarat di Bandara Internasional Lombok, NTB, Kamis (9/4). Evaluasi yang dimaksud Presiden Jokowi adalah sebuah respons atas pidato pembukaan Kongres IV PDIP, yang dihadiri para kader PDI-P (yang diucapkan/diistilahkan oleh Megawati sebagai “petugas partai”), juga Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, para Ketua Umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan.

Dalam pidato tersebut Megawati dengan lantang menyatakan (mengingatkan), “Ada penumpang gelap yang hendak menguasai kekayaan negara, melakukan kontrak gelap berbagai kekayaan negara. Mari kita besarkan Indonesia Raya. Inilah (yakni keteguhan menjalankan konstitusi dan janji-janji kampanye merupakan) ikatan suci dengan rakyat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi pemimpin yang dicintai rakyat.”

Selain itu, dalam pidato — berdurasi 35 menit yang penuh semangat dan sempat diiringi linangan air mata — itu Megawati juga menyoroti berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, antara lain dengan menyerukan kepada kader atau “petugas partai” di pemerintahan maupun di lembaga legislatif untuk mewaspadai berbagai upaya pihak tertentu, yang ia istilahkan sebagai “penumpang gelap” yang mengeruk kekayaan negara.

Terkait dengan pidato Megawati tersebut, ketika wartawan menanyakan kepada Presiden Joko Widodo perihal terminologi “penumpang gelap”, ia (Joko Widodo) enggan menanggapi.

 

11. Joko Widodo (Presiden Republik Indonesia) :

Kalau komunikasi baik — antara pemerintah, partai, dan Dewan — saya kira semua persoalan yang ada bisa dipecahkan (Kompas, Jum’at, 10/4/2015).

Catatan Redaksi sorotparlemen.com :

Pernyataan Jokowi — yang berintikan perlunya mekanisme kerja/komunikasi antara pemerintah dan partai pengusung — itu merupakan respons atas pidato Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri [yang juga dikomentari dengan nada mendukung oleh sejumlah pemimpin partai, seperti Surya Paloh (Ketum Prtai NasDem) dan Wiranto (Ketum Partai Hanura)] saat membuka Kongres IV PDI-P di Bali, Kamis pagi (9/4). Sebagaimana diberitakan, isi pidato tersebut di antaranya sebagai berikut, “Hubungan antara pemerintah dan partai politik pengusungnya adalah kehendak dan prinsip dalam demokrasi. Landasan konstitusionalnya pun sudah sangat-sangat jelas.” [**]

[www.sorotparlemen.com (Selasa, 28/4/2015): Wa Ode Zainab Zilullah Toresano].

Facebook Comments

You May Also Like

231 thoughts on “Kongres IV PDI-P : Jokowi – “Petugas Partai”? ¬(Bagian Pertama)

  1. Hello there! I could have sworn I’ve visited this web
    site before but after going through many of the articles I realized it’s new to me.

    Nonetheless, I’m certainly pleased I came across it and I’ll be book-marking it
    and checking back frequently!

  2. I’m impressed, I have to admit. Seldom do I encounter a blog that’s both equally educative and
    engaging, and without a doubt, you have hit the nail on the head.
    The issue is something not enough men and women are speaking intelligently about.
    Now i’m very happy that I stumbled across this in my search for something relating to this.

  3. Se ve a menudo que las parejas que no hablan de este tema tienen más dificultades y la recuperación suele tomar más tiempo. podemos encontrar otras opciones de tratamiento, o una combinacion de varias.

  4. Prezzo Del Cialis Originale Onlinedrugstore Canada Cialis 10 Mg Erfahrungsberichte viagra Proscar Principio Activo Propecia Azithromycin Zithromax Viagra Kaufen Mit Paypal Bezahlen

  5. isotretinoin discount fedex shipping Glasgow Zithromax Gastrointestinal Side Effects Baclofene Luxembourg cialis price Lioresal Achat 25mg Keflex Dose For A Dog Acquistare Cialis Generico In Italia

  6. El uso de las palabras disfunción eréctil deja en claro que esos otros problemas no están implicados. Se estima que el 50% de los hombres de 40 a 70 años experimentan algún tipo de disfunción eréctil en algún momento u otro. Cialis generico barato

  7. Desde entonces, nuestra única motivación ha sido la búsqueda y el desarrollo de un tratamiento integral contra la disfunción eréctil. Se considera que existen dos tipos de erecciones, las erecciones reflexológicas y las erecciones psicógenas.

  8. This review will cover the most common causes of hair loss occurring on normal unscarred scalp skin. Allergy creams or medications can often treat the itchiness. Some people experience smooth, coin-sized bald spots.

  9. Order now isotretinoin Macrobid Cash On Delivery viagra Cialis On Line Italia Want To Buy Clobetasol Tablet Saturday Delivery Overdose Amoxicillin

  10. Erectile dysfunction, or impotence, means not being able to get or keep an erection that is sufficient for sexual intercourse.

  11. All of these medicines work by relaxing smooth muscles and increasing blood flow in the penis during sexual stimulation. You should not take any of these medicines to treat ED if you are taking nitrates to treat a heart condition. Nitrates widen and relax your blood vessels. Buy cialis online netherlands. The combination can lead to a sudden drop in blood pressure, which may cause you to become faint or dizzy, or fall, leading to possible injuries. Also talk to your health care professional if you are taking alpha-blockers to treat prostate enlargement. The combination of alpha-blockers and ED medicines also could cause a sudden drop in blood pressure.

  12. Whether you suffer from ED, or hope to prevent the condition, here are six tips to overcome impotence without the side effects of the little blue pill. Buy cialis online germany. Today’s most common treatments for erectile dysfunction are prescription-based. These mostly short-term treatments, however, do not treat the underlying cause of the problem and have side effects. They include headaches, facial blushing, stomach aches, dizziness and painful erections lasting for many hours.

  13. Donde puedo comprar Viagra generico. En lo que respecta a la información para el paciente que trae el medicamento (inserto), deberá añadirse. Un derivado es el síndrome metabólico, que se trata de la combinación de obesidad, con diabetes e hipertensión con dislipemia, un derivado que causa sin lugar a duda impotencia.

  14. Imágenes guiadas: esta práctica consiste en calmar tu mente y ralentizar tu respiración mientras creas imágenes pacíficas en tu cabeza. En algunos casos el interrogatorio y la exploración física pueden ser suficientes para establecer un diagnóstico disfuncion erectil que es y causas. Comprar Levitra 10 mg bayer. El principal síntoma es sin duda la falta de erección o de una erección correcta para poder mantener un coito exitoso, pero a éste, se le suman otros sintomas de impotencia que puedes o no sufrirlos y te ayudarán a identificar tu problema y la intensidad del mismo.

  15. The duration of a Cialis is much longer than the competitors. Instead of only lasting for four hours, a man who chooses to Buy Cialis will have a greater range of coverage.

  16. I appreciate, lead to I found exactly what I was having a look for.
    You’ve ended my 4 day lengthy hunt! God Bless you man. Have a nice day.
    Bye

  17. ซื้อไลค์เพจ, ซื้อไลค์แฟนเพจคนไทย, เพิ่มไลค์, รับปั้มไลค์เพจ, รับจ้างกดไลค์แฟนเพจ

  18. ปั้มไลค์.com แหล่งแลกไลค์สำหรับคนไทย ระบบแลกไลค์ที่ดีและเสถียรที่สุด ในปัจจุบัน! ปั๊มไลค์ ปั๊มไลค์บนมือถือ แลกไลค์ โกงไลค์ แฮกไลค์ รูป โพส สเตตัส วีดีโอ คอมเม้น แฟนเพจ ผู้ติดตาม Like Hacklike Pumplike Instagram Youtube Twitter และอีกมากมาย ฟรี!

  19. ปั้มยอดไลค์เป็นคนไทย 100%, รับเพิ่มไลค์แฟนเพจ เป็นการโปรโมทแฟนเพจ เพื่อเพิ่มยอดขายสินค้าได้, บริการปั้มไลค์แฟนเพจฟรี, ปั้มไลค์ Facebook, ไลค์เพจ, เพิ่มไลค์คนไทย, รับทำเพจสินค้าพร้อมยอดไลค์, ไลค์แฟนเพจราคาถูก, รับเพิ่ม Like Fanpage Facebook ราคาพิเศษ เหมาะสำหรับผู้ที่ต้องการเพิ่ม Like Fanpage ให้ดูเป็นความน่าเชื่อถือของร้าน, การเพิ่ม Like เป็นการเพิ่มโอกาสทางการขายสินค้าของคุณนั่นเอง ด้วยงานบริการเพิ่มไลค์แฟนเพจระดับมืออาชีพ ประสบการณ์การทำงานหลายปี, รับทำไลค์ครบวงจร, ปั้มไลค์ทั่วไป, กดไลค์แฟนเพจ, บริการเพิ่มไลค์แฟนเพจฟรี, ปั้มไลค์แฟนเพจ, รับจ้างปั้มไลค์, โกงไลค์, Like Fanpage, ปั้มเพจ, ปั้มไลค์, Pump Like, ปั้มไลค์รูปเฟส, บริการเพิ่ม Like ให้แฟนเพจของคุณ โดยทีมงานระดับมืออาชีพ ในระยะเวลาอันสั้นและราคาถูก รับประกันไลค์จากคนไทย 100%, ไลค์แฟนเพจได้สูงสุดหนึ่งล้านไลค์, ปั้มไลค์รูป Facebook, ปั่นไลค์, กด Like, Up Like Fanpage, ปั้มไลค์รูป, เพิ่มไลค์แฟนเพจ ราคาถูก, จ้างปั้มไลค์, รับ Like Fanpage, จ้างไลค์, ปั้มไลค์ครบวงจร, ปั้มไลค์ราคาถูก, ไลค์แฟนเพจ, เพิ่ม Like, รับปั้มไลค์เพจ, รับเพิ่มไลค์, เพิ่มไลค์แฟนเพจ, ปั้มรูป, เพิ่มไลค์ฟรี, เพิ่มไลค์เพจ ราคาถูก, ปั้มเพจเฟสบุ๊ค, ปั้มโพสต์, จ้างเพิ่มไลค์, ไลค์แฟนเพจเฟสบุ๊ค, ปั้มไลค์สถานะ, เพิ่มไลค์เพจ, ปั้มไลค์เพจฟรี, รับไลค์ครบวงจรทั่วไทย, Auto Like, ปั้มไลค์เฟสบุ๊ค, เพิ่มไลค์, รับปั้มไลค์รูป, รับสร้างแฟนเพจพร้อมยอดไลค์, กดไลค์, รับไลค์แฟนเพจ, ปั้มเพจ เหมาะสำหรับผู้ที่ต้องการยอดไลค์เพจเพจเยอะๆ, ปั้มไลค์เพจ, ไลค์คนไทย 100%, กดไลค์รูป, ปั้มไลค์มือถือ, ปั้มไลค์เพจ Facebook, ปั้ม Like ฟรี, Add Like Fanpage, แฟนเพจพร้อมยอดไลค์, ซื้อไลค์แฟนเพจ, จ้างกดไลค์, รับทำเพจเฟสบุ๊ค, รับทำไลค์แฟนเพจจำนวนมาก, รับจ้างเพิ่มไลค์, บริการเพิ่มไลค์เฟสบุ๊คให้แฟนเพจ, รับเพิ่มไลค์แฟนเพจเฟสบุ๊ค, รับจ้างกดไลค์, ปั้มไลค์ฟรี, บริการปั้มไลค์ฟรี, ปั้มไลค์เพจคนไทย, จ้างไลค์รูป, ปั้มไลค์ ในโทรศัพท์, ปั้มไลค์ง่ายๆ

  20. Auto Liker, Photo Liker, autoliker, Facebook Liker, Fb Autoliker, Photo Auto Liker, Increase Facebook Likes, Autoliker, Auto Like, Autoliker, Autoliker Facebook, Status Liker, Status Auto Liker, autolike, Working Auto Liker, facebook auto liker, Facebook Autoliker, auto liker, auto like, Facebook Auto Liker

Leave a Reply

Your email address will not be published.