Peneliti Iran Merancang Pesawat Nir-Awak yang Dapat Mencegat Pesawat-Pesawat Nir-Awak Lainnya

DronehijackingTEHERAN  — Seorang peneliti Iran berhasil memodifikasi sebuah pesawat  tanpa  awak (nir-awak) dengan menggunakan  software  (perangkat lunak) yang memungkinkannya untuk melacak  sinyal-sinyal nirkabel lainnya pada  pesawat  nir-awak (drone) yang sedang terbang .

Samy Kamkar, nama peneliti tersebut, memodifikasi Pesawat Nir-awak Parrot AR 2.0  dengan  software-nya sendiri yang ia sering pakai bernama  SkyJack, yang memungkinkannya untuk melacak sinyal nirkabel UAV  lainnya dan mampu mengontrol mereka, meskipun dalam keadaan terbang.

Ketika diaktifkan, salah satu adaptor nirkabel akan mendeteksi sambungan-sambungan nirkabel di dekatnya dalam suatu jangkauan tertentu dan mengidentifikasi sesuatu yang berhubungan dengan UAV lain . Ini kemudian secara otomatis memutus  hubungan sejumlah  drone  (yang disasar) dari orang yang mengendalikannya, seperti serangan  distributed denial-of-service (DDoS) atau “layanan penolakan terdistribusi”. Sementara itu, adaptor lainnya menciptakan suatu jaringan nirkabel sendiri dan bisa terhubung ke sejumlah drone  yang lumpuh sebagaimana ketika ia dikendalikan oleh pemiliknya semula.

Setelah itu, alat pengontrol  SkyJack  akan mengakses  secara sempurna  sejumlah  drone  pemangsa  (zombie  drone) dan dapat mengeluarkan perintah  Javascript kepada mereka dengan hanya menggunakan komputer tablet  atau laptop.  Selanjutnya, kita dapat mengubah sendiri arah atau lintasan zombie drones  yang sudah dilumpuhkan, juga mengatur  kecepatannya; dan bahkan melihatnya (memantaunya) dari video secara langsung. Perangkat lunak  SkyJack  (SkyJack software) juga dapat diaplikasikan pada  komputer  desktop  untuk mencegat  drone yang terbang dalam jangkauan kendali kita, namun  jelas lebih tepat digunakan pada  mobile platform, seperti pada  laptop.

Tetapi, SkyJack  memiliki keterbatasan, karena ia hanya dapat menyeleksi target-target dalam jangkauan yang ditentukan lebih dahulu, yang berupa sasaran-sasaran  MAC (MAC addresses) pada jaringan yang tidak aman. Untuk saat  ini, software  tersebut  hanya dapat mengontrol  Parrot  drone (drone yang berbentuk  burung), karena mereka semua menggunakan suatu blok MAC addresses  yang dimiliki oleh  fabrikan dan tidak memiliki enkripsi atau otentikasi.

Untuk proyek terbarunya  itu, Kamkar memasangi  atau melengkapi  Pesawat Nir-awak Parrot AR 2.0  dengan perangkat  Raspberry Pi, baterai USB, dan dua adaptor nirkabel, sebelum dia meng-upload  pemrogramannya. Perangkat lunak SkyJack  dirancang untuk perangkat Linux dan menjalankan banyak program pendukung dalam suatu rangkaian sehingga secara efektif  dapat mencegat  sejumlah  drone  dalam area tertentu.

Jika Anda berminat untuk membuat  Pesawat Nir-awak SkyJack, Kamkar memiliki petunjuk rinciannya  dalam  website-nya, lengkap dengan kode sumbernya, yang bebas diunduh (di-download).

 

______________________

Diterjemahkan dan diedit dari  http: //isna.ir (Selasa, 10 Desember 2013) oleh Wa Ode Zainab Zilullah Toresano [www.sorotparlemen.com (transformasi dari BUTONet2) – Sabtu, 14/06/2014].

Facebook Comments

You May Also Like

2 thoughts on “Peneliti Iran Merancang Pesawat Nir-Awak yang Dapat Mencegat Pesawat-Pesawat Nir-Awak Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 − five =