Presiden Indonesia Ingin Kembangkan Kerjasama Lebih Besar dengan Iran

IranIndonesiaTEHERAN, Jum’at — Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pertemuannya  dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Jakarta, Jum’at  (7/3), menyerukan perluasan kerja sama dengan Iran .

Pertemuan SBY dan Zarif  itu dinilai konstruktif dan dapat membantu memperkuat  hubungan  bilateral  kedua negara.

Presiden Iran Hassan Rouhani telah diundang untuk berkunjung ke Indonesia.

Undangan disampaikan ketika, pada Februari lalu, Menteri Sekretaris Kabinet Dipo Alam berkunjung ke Iran dengan memimpin delegasi sebagai utusan khusus Presiden SBY.  Diharapkan, kunjungan Rouhani nanti ke Indonesia  (Asia Tenggara) akan membantu semakin memperkokoh hubungan kedua negara.

Zarif  menyatakan, kedua negara memiliki potensi besar untuk memperluas hubungan.

“Teman  dan  kolega penting”

Kepada media massa di Jakarta, bersama mitranya Menteri Luar Negeri Marty Natalagawa, Zarif mengatakan, Iran dan Indonesia dapat memainkan peran penting dalam mempromosikan perdamaian dan keamanan global.

Soal program nuklir Iran, Zarif  menandaskan bahwa aktivitas nuklir Iran adalah untuk kepentingan damai dan “tidak satupun yang dapat mengusiknya”.

Lebih lanjut ia menegaskan posisi Teheran yang senantiasa siap untuk memberikan jaminan bahwa program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai Sehingga, dalam hal ini, “Cara terbaik adalah Iran terus melanjutkan program nuklirnya di bawah kerangka pengawasan IAEA (Badan Energi Atom Internasional) dan sejumlah instrumen yang tersedia pada badan ini. Kami siap membahas instrumen-instrumen tersebut,” demikian Zarif seperti dikutib Jakarta Post.

Pada pertemuan tersebut Natalagawa menyapa  Zarif  sebagai  teman dan kolega penting  seraya mengatakan bahwa Indonesia sangat senang menerima kunjungan Diplomat Puncak dari Iran itu. Ia juga mengatakan bahwa kedua negara terus mengupayakan untuk memperluas hubungan di bidang perbankan dan investasi.

Zarif  tiba di Jakarta pada hari Rabu setelah dua hari  kunjungannya  ke Jepang. Ia dijadwalkan bertemu dengan beberapa pejabat Indonesia lainnya selama kunjungan dua harinya  di Jakarta . NA / PA (Wa Ode Zainab Z Toresano / BUTONet 2: diterjemahkan dan diedit dari TehranTimes.com – 7/3/ 2014).

Facebook Comments

Topik Tarkait

One thought on “Presiden Indonesia Ingin Kembangkan Kerjasama Lebih Besar dengan Iran

  1. Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted
    to say that I have really enjoyed browsing your blog posts.
    In any case I’ll be subscribing to your feed and I
    hope you write again soon!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 5 =