Rouhani Menyatakan Dukungan Iran Terhadap Pemerintah Bolivia yang Baru

JAKARTA, www.sorotparlemen.com, 25/10/2020 — Presiden Iran Hassan Rouhani memberikan ucapan selamat kepada Bolivia atas terpilihnya presiden baru seraya mengungkapkan dukungan Tehran bagi pemerintahan Bolivia.

Dalam pesannya pada hari Sabtu (24/10) kepada presiden Bolivia terpilih, Luis Arce, Presiden Rouhani menyatakan dukungan serta kesiapan pemerintah Republik Islam Iran untuk memperkuat hubungan bilateral dan memperluas kerjasama dengan negara di Amerika Latin itu.

“Saya dengan tulus mengucapkan selamat kepada Anda atas suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum Bolivia dan juga atas keberhasilan Anda terpilih sebagai presiden,” kata Rouhani.

“Pemilu baru-baru ini, yang membawa kemenangan menentukan kepada Yang Mulia (Luis Arce) bersama Tuan David Choquehuanca sebagai Wakil Presiden, bukan hanya memperkuat landasan demokrasi, tetapi juga pertunjukan akbar pengelolaan keadilan oleh negara besar Bolivia,” tambahnya.

“Pada era baru kembalinya kekuasaan perwakilan rakyat, saya menyampaikan dukungan kepada pemerintahan terpilih Yang Mulia, dan juga menyatakan kesiapan Pemerintah Republik Islam Iran untuk memperkokoh hubungan bilateral serta memperluas kerjasama dengan Bolivia dalam berbagai bidang.”

Rouhani akhirnya mendoakan untuk kesehatan dan keberhasilan Arce, demikian pula untuk kemakmuran serta kebahagiaan seluruh rakyat Bolivia.

Bolivia menyelenggarakan pemilihan umum pada 18 Oktober lalu untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, dan anggota-anggota “Senat” serta “Dewan Perwakilan Rakyat” (Chamber of Deputies). Luis Arce dari partai “Gerakan untuk Sosialisme” (Movement for Socialism/MAS) terpilih sebagai presiden dengan meraih 55 persen suara. MAS mengamankan kursi mayoritas pada dua kamar (chambers) “Majelis Legislatif Plurinasional” (Plurinational Legislative Assembly). [**]


Diterjemahkan oleh La Ode Zulfikar Toresano (www.sorotparlemen.com/WSPC) dari
https://ifpnews.com/rouhani-expresses-irans-support-for-new-bolivian-govt

Image Source: https://ifpnews.com/wp-content/uploads/2020/10/13960111000452_Test_PhotoI.jpg

You May Also Like