Upaya Menghambat Kebebasan adalah Gerakan Perlawanan kepada Allah

Akhir-akhir ini banyak orang membicarakan “kebebasan”, dengan beragam pendapat. Bagi saya, hal tersebut merupakan sebuah fenomena menggembirakan, dan saya berharap semoga semakin berkembang.

Kebebasan (azadi) adalah salah satu tema yang banyak terdapat — dan ditekankan — dalam  Al-Qur’an, hadits Rasulullah Muhammad Shalallahu  alaihi  wa  âlihi  wassalam (Saww)., dan ucapan para Imam yang suci. Tentu saja, dalam hubungan ini, yang saya maksud dengan kebebasan bukanlah kebebasan yang tanpa batas.

Bahkan, saya kira, tidak seorang pun di dunia ini yang mendukung kebebasan tanpa batas. Kebebasan tersebut juga bukanlah kebebasan dalam arti maknawi, karena siapa pun yang memahami seluk-beluk kemaknawian pasti sepakat dengan kebebasan maknawi.

Oleh karenanya, yang saya maksud dengan kebebasan di sini adalah kebebasan sosial (azadi ijtimai), yang mencakup kebebasan berpikir, berbicara, memilih, dan sebagainya. Kebebasan dalam pengertian ini sangat diagungkan Al-Qur’an dan Sunnah. Dalam surat Al A’raaf: 157 dinyatakan: “(Yaituorang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka.”

Ayat ini menegaskan bahwa salah satu keistimewaan Rasulullah Muhammad Saww. adalah mengangkat atau melepaskan beban-beban dan belenggu-belenggu (al-isr  wa  al-aghlal) yang memasung atau melilit manusia, yang berupa ikatan-ikatan yang dipaksakan, baik berupa segala bentuk kepercayaan bathil dan khurafat maupun ikatan-ikatan sosial yang menyimpang (yang dipaksakan oleh pihak otoriter).  Sungguh menakjubkan!  Rasulullah Muhammad Saww. datang untuk membebaskan manusia dari belenggu-belenggu yang memasung mereka.

***

TERKAIT dengan prinsip kebebasan tersebut, George Geordaq, penulis buku terkenal: Shautul-‘adalah, menukil dua pernyataan dari dua tokoh berbeda, Amirul Mukminin ‘Ali Ibn Abi Thalib  alaihissalam  dan Umar Ibn Khattab ra.  Suatu hari, tulis Geordaq, beberapa gubernur kepercayaan Umar datang menghadap. Umar berang kepada mereka karena menerima sejumlah laporan perihal perbuatan-perbuatan mereka yang tidak terpuji.  Umar berkata kepada mereka, “Apakah kalian memperbudak manusia, padahal Allah menciptakan mereka dalam keadaan merdeka?

Sementara itu — masih menurut Geordaq — sebagaimana tertulis dalam kitab Nahjul-balaghah, Imam ‘Ali berkata,”Jangan sekali-kali engkau menjadi budak orang lain karena Allah telah menciptakanmu merdeka.

Geordaq membuat perbandingan atas dua pernyataan tokoh-tokoh besar tersebut. Ia mengatakan, pernyataan Imam ‘Ali lebih mendalam daripada pernyataan Umar. Pernyataan Umar, menurutnya, ditujukan kepada orang-orang yang tidak memberikan kebebasan kepada orang lain, dan Umar menyuruh mereka agar memberikan kebebasan. Di sini, belum ada jaminan bahwa kebebasan akan berlaku.

Di sisi lain, pernyataan Imam ‘Ali — tegas Geordaq — justru memberikan jaminan berlakunya kebebasan, sebab Imam menyuruh setiap orang untuk menolak segala tindak perbudakan yang dilakukan oleh orang lain atas dirinya.

Kendati demikian, kedua tokoh tersebut menegaskan bahwa kebebasan adalah fitrah manusia. Maka, bagi kita, Islam sangat menghargai “kebebasan”; sehingga kita tidak perlu merujuk kepada Barat dalam menerapkan asas (kebebasan) tersebut.

Sayangnya, ada pihak-pihak tertentu yang dengan sengaja ataupun tidak sengaja telah menjauhkan Islam dari “kebebasan” yang dimaksud; dan Islam dipersepsikan menolak prinsip kebebasan. Mereka ini merupakan pihak yang selalu menonjol-nonjolkan Barat dalam masalah kebebasan (antara lain dengan ke-gandrung-an mengutip pernyataan-pernyataan para pemikir Barat tentang kebebasan), dan juga pihak yang sering ketakutan atau alergi terhadap istilah “kebebasan” (seakan-akan agama terancam oleh asas atau prinsip kebebasan).

Agama sama sekali tidak akan terancam oleh asas kebebasan. Bahkan, kebebasan dalam arti (pengertian) yang benar merupakan hadiah terbesar yang diberikan agama kepada umat manusia.  Karena kebebasanlah, pemikiran dapat berkembang; dan segala potensi (isti’adat) dapat diwujudkan serta dikembangkan.

***

SEBALIKNYA, pengekangan akan menghambat perkembangan manusia, dan bahwa selama ada pengekangan, manusia tidak akan maju, padahal Islam sangat menghendaki kemajuan manusia.

Manusia laksana tambang-tambang yang perlu digali sehingga dapat menciptakan kemakmuran. Apakah ini dapat diwujudkan tanpa kebebasan?  Apakah hal itu bisa terwujud dengan “larangan” dan “perintah”?  Sama sekali tidak!!!

Kebebasan dalam Islam jauh lebih tinggi dari kebebasan yang ditawarkan Barat. Dengan konsep liberalismenya, Barat sama sekali tidak mengerti apa itu kebebasan. Paling banter, mereka hanya mengerti bahwa kebebasan adalah hak asasi manusia (HAM). Namun, mengapa manusia harus bebas, apa filosofi kebebasan, dan seterusnya (yang terkait dengan berbagai problematika kebebasan), Barat tidak memahaminya.

Memang benar ada beragam tafsir tentang kebebasan, dan telah terjadi penyimpangan pengertian kebebasan dari yang dahulu diperjuangkan oleh para pejuang kebebasan, antara lain pada masa   renaissance  hingga Revolusi Perancis. Tapi, yang mendominasi dunia saat ini adalah kebebasan yang menyimpang itu, terutama kebebasan ala Amerika Serikat. Sebuah kebebasan yang kering dari nilai-nilai.

Dalam Islam, kebebasan bukan sekadar hak asasi manusia, tapi lebih dari itu, yakni merupakan “fitrah” manusia, sebagaimana yang dapat disimak dari pernyataan Imam ‘Ali yang saya kutib dari tulisan George Geordaq tadi.  Islam mengakui bahwa kebebasan adalah hak asasi manusia, tapi hak fitrawi jauh lebih tinggi dari hak asasi yang mereka maksud.  Oleh karena itu, keliru besar bila kita menganggap bahwa kebebasan merupakan produk dan hadiah dari Barat buat kita. Kebebasan adalah ajaran Islam yang orisinal.

***

BERIKUT  ini saya kemukakan beberapa perbedaan mendasar antara kebebasan dalam Islam dengan kebebasan ala Barat.

Pertama, dalam ideologi liberalisme (Barat), kebebasan adalah minus Tuhan dan/atau agama.  Karenanya, ketika berbicara tentang kebebasan, Barat tidak pernah mengenal asas Ketuhanan, apalagi melibatkan nilai-nilai Ketuhanan di dalamnya.

Sebaliknya, Islam menganggap kebebasan merupakan anugrah Allah Swt. kepada manusia, dan bahwa kebebasan tidak bisa dilepaskan dari landasan Ketuhanan.  Dengan kata lain, kebebasan merupakan kewajiban agama (taklif  dîni) bagi setiap orang.  Karenanya, upaya apa pun yang menghambat kebebasan adalah gerakan perlawanan kepada Allah Swt.

Nihilnya asas Ketuhanan dalam liberalisme mengakibatkan perjuangan mereka tentang kebebasan menjadi tidak bermakna, karena tidak ada tujuan jelas (hakiki) di balik perjuangan itu.

Tentu saja ini sangat berbeda dengan Islam. Karena Islam menganggap kebebasan merupakan kewajiban agama, maka perjuangan mewujudkan kebebasan tersebut adalah perjuangan mengimplementasikan perintah Allah Swt.

Perbedaan lain (kedua) adalah bahwa dalam perspektif liberalisme (Barat), nilai-nilai akhlak bersifat nisbi atau relatif.  Maka, menurut mereka, kebebasan tidak ada batasnya. Bila seseorang menginjak-nginjak nilai-nilai akhlak yang dihormati oleh komunitas atau masyarakat kita, misalnya, maka — berdasarkan pandangan liberalisme — kita tidak berhak marah, karena hal itu merupakan pengamalan hak asasi mereka, terlebih lagi mereka tidak terikat dengan nilai-nilai (akhlak) yang kita anut, dan bahwa karena mereka tidak memercayai nilai-nilai ini. Dengan demikian, kebebasan dalam pandangan liberalisme tidak ada batasnya.

Sementara itu, Islam sangat menghormati nilai-nilai akhlak.  Dalam Islam terdapat nilai-nilai yang tidak boleh diganggu-gugat, dan itu bersifat permanen.  Manusia harus bergerak dan merujuk pada nilai-nilai ini.  Dengan begitu, dalam Islam, kebebasan harus berjalan dalam bingkai yang telah ditentukan.  Mengenai apa bingkai (frame) tersebut dan bagaimana cara menetapkannya, itu adalah persoalan lain.

Boleh jadi, oleh pihak-pihak tertentu, akan muncul kekeliruan dalam menetapkan bingkai ini. Namun, itu tidak berarti kita boleh melanggar norma atau nilai-nilai akhlak; sebab jika dengan alasan menegakkan kebebasan kita boleh melakukan pelanggaran, maka berbagai ketimpangan akan menghadang.  Tidak heran, misalnya, Al-Qur’an menempatkan pembunuhan atas seseorang adalah laksana pembantaian terhadap seluruh umat manusia, karena si pelaku telah melanggar kehormatan dan martabat manusia.

Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuhorang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya.”

(Al-Qur’an Surat Al-Maaidah: 32)

Coba direnungkan, membunuh satu nyawa, sama dengan melakukan pembantaian terhadap seluruh manusia!  Kendati demikian, Islam memberikan pengecualian, bahwa pelaku pembunuhan dan perusakan di muka bumi boleh dihukum mati.  Atas dasar ini, dapat disimpulkan, betapa Islam sangat menghargai norma atau nilai-nilai akhlak.

Perbedaan ketiga, bahwa memang sesungguhnya Barat juga memberlakukan pembatasan-pembatasan atas kebebasan, tapi hal ini selalu dikaitkan dengan berbagai kepentingan material atau duniawi. Dengan kata lain, selama kebebasan tidak mengusik kepentingan mereka, silahkan saja.  Namun, bila dianggap mengancam kepentingan mereka, maka harus segera dienyahkan dengan cara apa pun.  Sebagai contoh, mendapatkan pengetahuan adalah hak setiap orang (Barat juga mengakui hal ini). Tapi, jika pengetahuan tersebut dipandang membahayakan kepentingan Barat, maka ia tidak boleh ditransfer ke pihak lain. Tidak heran mereka melarang universitas-universitas mereka mengajarkan teknologi tinggi kepada para mahasiswa yang berasal dari (yang disebut) Dunia Ketiga, seperti Iran atau China karena hal itu dianggap berpotensi mengancam hegemoni mereka di dunia.

Demikian pula dengan yang terjadi di bidang informasi dan berita. Sekarang ini dunia menuntut kebebasan di bidang informasi, namun Barat memberlakukan penyensoran.  Padahal, mereka banyak berkoar soal kebebasan pers. Ketika Amerika Serikat (AS) menyerang Irak di masa pemerintahan Presiden Bush, justru AS sendiri yang melarang semua media massa untuk meliput dan memberitakan serangan itu secara utuh. Dengan kata lain, peliputan dan pemberitaan hanya diizinkan setelah AS melakukan penyerangan. Alasannya: demi keamanan!

Dan di masa kekuasaan Presiden Clinton, dengan alasan yang sama pula, AS menghabisi nyawa sekitar delapan puluh orang anggota komunitas yang memiliki kecenderungan keagamaan tertentu, karena dianggap menentang pemerintah AS, padahal mereka bukan kelompok militer, apalagi di antara mereka banyak anak-anak dan perempuan.

Sayangnya, bagi AS, semua itu tidak penting.  Yang dipandang penting adalah bagaimana menjaga kepentingan material mereka.  Selama kebebasan tidak mengganggu kepentingan material mereka, silahkan saja pihak lain mengekspresikan kebebasannya, asalkan jangan sekali-kali mengusik kepentingan material mereka karena hal itu pasti akan dibasmi.

Dengan demikian, kebebasan dalam pandangan liberalisme sama sekali menistakan nilai-nilai akhlak. Artinya, kebebasan boleh terus berlangsung meskipun bertentangan dengan norma atau nilai-nilai akhlak.  Karenanya, ketika gerakan homoseksual menyebar di AS, mereka membiarkannya dengan alasan penghormatan hak asasi setiap orang.  Konsekuensi lebih lanjut, kalangan homoseksual itu dengan bangga — tanpa rasa malu — membentuk sejumlah komunitas homo, dengan aktifitas antara lain menyebarkan foto-foto, berdemonstrasi di berbagai jalan raya, bahkan menyerang dengan keras siapa pun yang menentang mereka.

***

ISLAM menentang keras kebebasan dengan model seperti itu.  Islam sangat menghormati kebebasan, tapi kebebasan yang harus terikat dengan nilai-nilai akhlak, bukan sekadar nilai-nilai material (duniawi).  Dengan begitu, Islam tidak menolak bahwa ada kepentingan-kepentingan materi yang harus dijaga, tapi hal yang sama juga diberlakukan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai akhlak.

Perbedaan keempat  adalah bahwa liberalisme (Barat) menolak kewajiban (taklif) yang disematkan kepada manusia.  Dan ini bukan saja kewajiban-kewajiban agama (taklif  dîni), tapi juga segala bentuk taklif, termasuk ideologi atau apa saja yang menggunakan idiom “boleh” dan “tidak boleh”.

Tentu saja hal demikian tidak sejalan dengan Islam.  Islam menganggap bahwa justru taklif-lah  yang merupakan batu pijak atau landasan kebebasan. Bahkan, manusia dapat dengan utuh (hakiki) memenuhi kebebasannya karena memiliki dan menunaikan kewajiban (nya).

Dalam diri manusia terdapat kecenderungan-kecenderungan yang berbeda. Namun, justru melalui kecenderungan-kecenderungan yang berbeda itulah manusia dituntut untuk mencapai kesempurnaannya, dan bahwa kebebasan adalah jalan untuk mencapai kesempurnaan tersebut.

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk mengabdi kepada-Ku.”

(Al-Qur’an surat Adz  Dzaariyaat: 56)

Pengabdian kepada Allah Swt. merupakan kedudukan (maqam) tertinggi makhluk, dan kebebasan adalah pengantar kepada  maqam tertinggi itu.  Oleh karenanya, sayang sekali banyak orang yang keliru memahami makna kebebasan, dan kemudian menyerukan orang lain untuk memperjuangkan kebebasan model Barat; padahal kebebasan seperti itu tidak akan melahirkan apa pun selain kehancuran.  Atas dasar itu saya ingatkan: Pertama, pahamilah dengan baik apa hakikat kebebasan. Kita harus bebas dalam memahami makna kebebasan dan tidak terikat dalam indoktrinasi pihak manapun. Artinya, kita jangan mengambil begitu saja faham kebebasan yang dipropagandakan oleh pihak luar.

Kedua, jangan sekali-kali menyalahgunakan kebebasan untuk kepentingan-kepentingan yang tersembunyi.

***

AKHIRNYA, sekali lagi, Islam tidak menolak kebebasan; malah ia (kebebasan itu) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Islam.  Kita harus memanfaatkan secara optimal — dan sebaik mungkin — kebebasan yang dianugrahkan Allah Swt., dan tidak harus mengekangnya.  Namun, di balik kebebasan itu ada rambu-rambu yang patut kita hormati. Rambu-rambu tersebut adalah nilai-nilai Ilahi yang ditetapkan kepada kita dalam Al-Qur’an dan Sunnah.[**]

_________________________________

Dikutib dan diedit dari majalah WARIS, Nomor 16 / Jumadil Akhir-Syakban 1419 H

 oleh  Jurnal Parlemen Online  (Jurnal ParlemenO).

Facebook Comments

You May Also Like

71 thoughts on “Upaya Menghambat Kebebasan adalah Gerakan Perlawanan kepada Allah

  1. Hey I am so glad I found your web site, I really found you by mistake,
    while I was researching on Google for something else, Nonetheless I am here
    now and would just like to say many thanks for a tremendous post and a all round thrilling blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read
    through it all at the moment but I have book-marked it and also added your RSS feeds, so when I have time I
    will be back to read more, Please do keep up the superb work.

  2. Thanks for the marvelous posting! I really enjoyed reading it,
    you could be a great author. I will be sure to bookmark
    your blog and will often come back at some point. I want to encourage you
    to definitely continue your great work, have a nice holiday weekend!

  3. Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you, However I am
    experiencing problems with your RSS. I don’t know the reason why I
    am unable to join it. Is there anyone else having identical RSS issues?
    Anyone that knows the answer can you kindly respond?
    Thanx!!

  4. It’s a pity you don’t have a donate button! I’d certainly donate to this superb blog!
    I guess for now i’ll settle for bookmarking and adding your RSS feed
    to my Google account. I look forward to new updates and will talk about this website with my Facebook group.
    Chat soon!

  5. Hi! I’ve been reading your site for a long time now and finally got
    the bravery to go ahead and give you a shout out from Atascocita Texas!
    Just wanted to say keep up the fantastic job!

  6. Its like you read my mind! You seem to know a lot about this, like you wrote
    the book in it or something. I think that you can do with some pics to drive the
    message home a little bit, but other than that, this
    is wonderful blog. An excellent read. I’ll certainly be back.

  7. May I just say what a comfort to find somebody
    that actually understands what they’re talking about on the net.
    You actually know how to bring a problem to light and make it important.
    A lot more people have to look at this and
    understand this side of your story. It’s surprising you are not more popular since
    you surely possess the gift.

  8. Having read this I thought it was very informative.
    I appreciate you spending some time and effort to put this informative article together.
    I once again find myself spending a significant amount of
    time both reading and posting comments. But so what, it was still worthwhile!

  9. (NBC) – ED occurs when blood come up with to penis is hindered due to determined elements. the show doctors helps in supplying blood purl to the male reproductive system and provides immutable and large long-term erection. PDE-5 enzyme is the limitation that does not hire out blood originate to the penis. Thus, viagra without dr prescription, firstly stops its end result in the fuselage, as consumed. It releases an enzyme cGMP in the body. This enzyme enhances blood contribute to the penis. April 20, 2017 20:12

  10. Very nice post. I just stumbled upon your blog and wished
    to say that I have truly enjoyed surfing around your blog posts.
    In any case I will be subscribing on your feed and I am hoping you write once more very soon!

  11. Hi there exceptional blog! Does running a blog similar to this take a great deal of work?
    I’ve no knowledge of coding however I was hoping to start my own blog in the near future.
    Anyway, if you have any suggestions or tips for new blog owners please share.
    I understand this is off subject nevertheless I just had to ask.
    Kudos!

  12. My brother recommended I might like this website. He was totally
    right. This post truly made my day. You cann’t imagine simply how much time I had spent for this info!
    Thanks!

  13. Definitely consider that which you stated. Your favorite justification seemed to be on the internet the simplest
    factor to be mindful of. I say to you, I definitely get annoyed at
    the same time as people think about worries that
    they plainly do not realize about. You controlled to hit the nail upon the highest
    as neatly as defined out the entire thing without having side-effects , other folks could take a signal.
    Will probably be again to get more. Thanks

  14. Aw, this was a really good post. Taking a few minutes and actual effort to create a great article… but
    what can I say… I hesitate a lot and never manage to get
    nearly anything done.

  15. Wow, awesome blog format! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you make running a blog glance easy. The full look of your web site is fantastic, let alone the content material!

  16. Hello there! I know this is kinda off topic
    however I’d figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest writing a blog post or vice-versa?
    My blog covers a lot of the same subjects as yours and I feel we could greatly benefit from each other.
    If you might be interested feel free to send me an e-mail.

    I look forward to hearing from you! Wonderful blog
    by the way!

  17. Achat Kamagra En Espagne Compra Cialis Andorra Can Amoxicillin Be Used For Proctitis viagra Pilis Without Prescription From India Cialis 50mg Cealis Generic

  18. La ansiedad en relación al rendimiento acaba creciendo si el hombre ya experimentó dificultades anteriormente. Hable sobre el sexo abiertamente con tu pareja.

  19. Viagra Super Active Generi Online Generic Cialis Tadalafil Viagra Pharmacie Gratuit viagra Viagra Prix Pharmacie Forum Mail Order For Azithromycin Clofazimine

  20. Alopecia areata has been compared by some to vitiligo, an autoimmune skin disease where the body attacks melanin-producing cells, leading to white patches. Unlike alopecia areata patches, which are perfectly smooth, hair patches in trichotillomania show broken-off hairs.

  21. Puede encontrar que el simple hecho de reconocer sus problemas y ser honesto con su pareja le quita parte del peso. Más hombres han buscado ayuda y regresado a la actividad sexual normal debido a tratamientos mejorados y exitosos de la DE. La disfunción eréctil y la enfermedad cardiovascular poseen prácticamente los mismos factores de riesgo, como es hipertensión, arteriosclerosis, obesidad, tabaco, drogas o alcohol. En advertencias: En caso de antecedentes de disminución o pérdida súbita de la visión de uno o ambos ojos, se debe analizar el riesgo del uso del medicamento. La secuencia completa incluye los impulsos de los nervios en el cerebro, en la columna vertebral y en el área alrededor del pene, así como las respuestas de los músculos, los tejidos fibrosos, las venas y las arterias en y cerca de los cuerpos cavernosos. Después de completar un examen físico y revisar su historial médico, su médico le hará algunas preguntas y le realizará algunas pruebas para descartar las causas médicas de su DE.

  22. Other forms of male sexual dysfunction include poor libido and problems with ejaculation. Men with erectile dysfunction often have a healthy libido, but their bodies fail to respond in the sexual encounter by producing an erection. Usually there is a physical basis for the problem. Buy cialis online france. Symptoms of erectile dysfunction include erections that are too soft for sexual intercourse, erections that last only briefly, and an inability to achieve erections. Men who cannot have or maintain an erection at least 75% of the time that they attempt sex are considered to have erectile dysfunction.

  23. All in all, sildenafil is popular for a reason – it works. For most men, sildenafil makes it easier to develop and maintain an erection and acts as a reliable, safe treatment for erectile dysfunction. Developed in the 1990s and approved by the FDA in 2003, tadalafil is a longer-lasting ED drug that provides similar effects to sildenafil. Buy cialis online hong kong.

  24. Tienen menos efectos secundarios que las inyecciones y los fármacos, es sumamente aconsejable que se utilice un condón para que dicha crema no esté en contacto con la vagina. La terapia cognitiva conductual (TCC) es un tratamiento común y altamente eficaz para los problemas psicológicos en general, pero también para la DE. Comprar Viagra generico online. Explicó que actualmente existen medicamentos para tratar este padecimiento, los cuales no solo contribuyen a tener una erección sino también mejoran la cantidad de espermatozoides y la calidad del orgasmo.

  25. Uno de los productos vardenafilo, un medicamento que actúa contra la disfunción eréctil y los problemas de impotencia sexual. Como Comprar Levitra. También se incluye una evaluación psicosocial: para determinar posibles factores psicosociales relacionados con la Disfunción Eréctil que puedan requerir consulta o tratamiento psicológico. También puede implicar una conversación positiva con uno mismo, darse afirmaciones y disipar los pensamientos negativos.

  26. The Tadalafil becomes attached to the PDE5. This means that blood is allowed to have increased circulation and a man who takes a Cialis will discover that there is plenty of blood to create an erection. The binding mechanism of action with Tadalafil is highly effective, working in approximately four out of five men with erectile dysfunction or impotence.

  27. ระบบเพิ่มไลค์, Auto Like, ปั้มไลค์แฟนเพจ, ออโต้ไลค์, Hack Like Facebook, ปั้มไลค์คอมเม้น, แฮกไลค์, ปั้มไลค์รูปภาพ, เว็บปั้มไลค์, ปั้มไลค์

  28. ปั้มไลค์รูป Facebook, ปั้มไลค์ ในโทรศัพท์, บริการเพิ่มไลค์แฟนเพจฟรี, เพิ่มไลค์คนไทย, รับทำไลค์ครบวงจร, เพิ่มไลค์เพจ, ปั้มรูป, รับเพิ่มไลค์แฟนเพจ เป็นการโปรโมทแฟนเพจ เพื่อเพิ่มยอดขายสินค้าได้, รับสร้างแฟนเพจพร้อมยอดไลค์, รับเพิ่มไลค์, ปั้มไลค์เฟสบุ๊ค, ปั้มไลค์ฟรี, กด Like, ปั้มเพจเฟสบุ๊ค, รับจ้างเพิ่มไลค์, กดไลค์แฟนเพจ, รับเพิ่มไลค์แฟนเพจเฟสบุ๊ค, รับเพิ่ม Like Fanpage Facebook ราคาพิเศษ เหมาะสำหรับผู้ที่ต้องการเพิ่ม Like Fanpage ให้ดูเป็นความน่าเชื่อถือของร้าน, ปั้มเพจ, บริการปั้มไลค์ฟรี, เพิ่มไลค์, ปั้มไลค์เพจ Facebook, ปั้มไลค์มือถือ, บริการเพิ่ม Like ให้แฟนเพจของคุณ โดยทีมงานระดับมืออาชีพ ในระยะเวลาอันสั้นและราคาถูก รับประกันไลค์จากคนไทย 100%, ปั้มไลค์เพจ, จ้างไลค์, ปั้มไลค์สถานะ, ไลค์แฟนเพจเฟสบุ๊ค, ปั้มไลค์เพจคนไทย, ไลค์คนไทย 100%, ปั้มไลค์ราคาถูก, รับทำไลค์แฟนเพจจำนวนมาก, จ้างปั้มไลค์, ปั้มไลค์รูปเฟส, รับปั้มไลค์รูป, ปั้มไลค์, เพิ่มไลค์ฟรี, ปั้มไลค์ Facebook, รับไลค์แฟนเพจ, เพิ่มไลค์แฟนเพจ ราคาถูก, เพิ่มไลค์เพจ ราคาถูก, จ้างเพิ่มไลค์, โกงไลค์, รับ Like Fanpage, รับจ้างปั้มไลค์, ปั้มเพจ เหมาะสำหรับผู้ที่ต้องการยอดไลค์เพจเพจเยอะๆ, ปั้มไลค์ครบวงจร, Auto Like, ปั้มไลค์รูป, จ้างไลค์รูป, ปั้มไลค์ทั่วไป, รับจ้างกดไลค์, รับไลค์ครบวงจรทั่วไทย, รับปั้มไลค์เพจ, รับทำเพจเฟสบุ๊ค, ปั่นไลค์, ปั้มยอดไลค์เป็นคนไทย 100%, Pump Like, บริการปั้มไลค์แฟนเพจฟรี, เพิ่มไลค์แฟนเพจ, บริการเพิ่มไลค์เฟสบุ๊คให้แฟนเพจ, ไลค์แฟนเพจได้สูงสุดหนึ่งล้านไลค์, Like Fanpage, ไลค์เพจ, ปั้มไลค์แฟนเพจ, ไลค์แฟนเพจ, กดไลค์, แฟนเพจพร้อมยอดไลค์, ไลค์แฟนเพจราคาถูก, ปั้ม Like ฟรี, Add Like Fanpage, ปั้มโพสต์, จ้างกดไลค์, การเพิ่ม Like เป็นการเพิ่มโอกาสทางการขายสินค้าของคุณนั่นเอง ด้วยงานบริการเพิ่มไลค์แฟนเพจระดับมืออาชีพ ประสบการณ์การทำงานหลายปี, Up Like Fanpage, รับทำเพจสินค้าพร้อมยอดไลค์, ซื้อไลค์แฟนเพจ, ปั้มไลค์ง่ายๆ, เพิ่ม Like, ปั้มไลค์เพจฟรี, กดไลค์รูป

  29. เพิ่มไลค์แฟนเพจ, ปั้มไลค์แฟนเพจ, เพิ่มไลค์เพจ, ปั๊มไลค์เพจ, เพิ่มไลค์เพจ ราคาถูก, ไลค์เพจ, ปั๊มไลค์แฟนเพจ, ปั้มไลค์เพจ, ปั้มเพจ, ปั๊มไลค์เพจ, ปั๊มไลค์เพจ facebook

  30. Status Auto Liker, Facebook Liker, Status Liker, Auto Liker, Facebook Auto Liker, autoliker, autolike, Fb Autoliker, Photo Liker, Autoliker, auto liker, Working Auto Liker, Autoliker, Increase Facebook Likes, Facebook Autoliker, auto like, Photo Auto Liker, Autoliker Facebook, Auto Like, facebook auto liker

Leave a Reply

Your email address will not be published.