Wacana Koalisi dan Capres-Cawapres di Seputar Partai Hati Nurani Rakyat / Partai Hanura (Seri 3)

Oleh BUTONet 2

capresacawapreshanuraYuddy Chrisnandi (Ketua DPP Partai Hanura):

Yang saya tahu, Wiranto sudah bertemu Ical (Aburizal Bakrie) dua kali, dan dari PDI-P sudah dua kali juga, yang satu dengan Jokowi dan satu lagi dengan Tjahjo Kumolo (Sekretaris Jenderal PDI-P).

Meski demikian, Hanura belum menjatuhkan putusan mengenai dukungan capres ataupun koalisi untuk pemilu presiden. Wiranto tidak ingin memutuskan sendiri sehingga harus dibicarakan terlebih dahulu di internal partai.

Keputusan mengundang jajaran pengurus dan pimpinan di daerah untuk mengikuti Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Hanura yang akan digelar hari Selasa (6/5) di Jakarta, agar ada kkesamaan sikap untuk pemilu presiden mendatang. Hanura secara kelembagaan dan Wirano sebagai ketua umum tidak ingin memunculkan keputusan yang tak sejalan dengan aspirasi dari daerah, yang justru berpotensi menimbulkan perpecahan.

Partai pemenang pemilu adalah PDI-P dan hingga saat ini capres yang berpeluang besar terpilih adalah Jokowi. Selain berpeluang besar terpilih, Jokowi sudah hamper pasti memilih cawapres, tidak seperti capres lainnya yang belum jelas pendampingnya siapa.

Dengan dasar semua itu, baik untuk masa depan Hanura jika berkoalisi dengan PDI-P dan mendukung Jokowi sebagai capres pada pemilu (pilpres) mendatang (KOMPAS, Jakarta, 5/5/2014).

 

Nuning Susaningtyas Kertopati (Ketua DPP Partai Hanura):

Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Hanura akan digelar hari Selasa (6/5) di Jakarta. Rapimnas tidak hanya membahas soal rencana ke depan untuk pemilu presiden, tetapi juga evaluasi hasil pemilu legislatif.

Hanura tidak mau asal-asalan dalam menentukan koalisi atau dukungan kepada capres. Harus ada kesamaan visi dan misi. Itulah yang coba dilakukan oleh Wiranto dengan menemui tokoh-tokoh partai lain (KOMPAS, Jakarta, 5/5/2014).

 

Wiranto (Ketua Umum Partai Hanura):

Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat)  memutuskan tidak lagi menjadi oposisi. Hanura akan masuk dalam tataran pengambil kebijakan atau pemerintahan.

Kami tidak akan berpangku tangan, tidak akan menjadi penonton, tetapi akan masuk dalam sistem pemerintahan untuk mengambil bagian dalam perubahan Indonesia menjadi maju pada masa depan.

Partai Hanura sudah cukup menjadi oposisi bersama PDI Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonensia Raya (Partai Gerindra) sejak 2009.

Gerakan oposisi membuat Partai Hanura mendapat predikat bersih, tapi ternyata masyarakat tidak juga menjatuhkan pilihan penuh kepadanya dalam pemilu legislatif 2014. Banyak yang tidak memilih partai yang bersih.

Namun yang menjadi persoalan, kondisi politik cukup menyulitkan Partai Hanura untuk meramalkan siapa yang bakal memegang tangkup pemerintahan ke depan. Karena itu, para kader Hanura perlu membuat perhitungan yang cerdas dan tepat untuk meramalkan siapa pemenang pemilu presiden nanti. Sekarang ada empat poros koalisi yang sedang mengemuka. Tentu ini tidak mudah (TEMPO.CO, Jakarta, 6/5/2014).

Catatan :

Wiranto mengungkapkan hal di atas saat membuka Rapat Pimpinan Nasional Hanura di Sultan Hotel, Senayan, Selasa, 6 Mei 2014. Rapimnas tersebut berlangsung hingga Rabu, 7 Mei 2014, dan diikuti ratusan pengurus pusat dan daerah. Rapimnas bertujuan menentukan arah koalisi Partai Hanura menjelang pemilu presiden Juli mendatang.

Wiranto (Ketua Umum Partai Hanura):

Nanti ada rilis tentang pertemuan ini (yakni pertemuan tertutup antara Wiranto dengan elite Partai Hanura sebelum Rapimnas dibuka secara resmi di Hotel Sultan, Senayan, Selasa, 6 Mei 2014 — Redaksi BUTONet 2), nanti, nanti (TEMPO.CO, Jakarta, 6/5/2014).

Catatan:

Rapat atau pertemuan tertutup — yang berlangsung sekitar 15 menit — tersebut tidak dihadiri oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Hanura Hary Tanoesoedibjo. Para elite Hanura yang hadir dalam rapat itu antara lain Ketua Dewan Pimpinan Pusat Saleh Husin, Sarifudin Sudding, Gusti Randa, dan Wisnu Dewanto.

Wiranto yang dicegat wartawan, bungkam ihwal ketidakhadiran Hary dalam rapat tersebut. Ia juga menolak menanggapi desakan kadernya yang meminta Hary Tanoesoedibjo mundur dari jabatan Ketua Bapilu.

Sebelumnya, Ketua DPP Hanura Fuad Bawazier menuding Hary tak bekerja maksimal menaikkan suara Hanura pada pemilu legislatif lalu.

 

Yuddy Chrisnandi (Ketua DPP Partai Hanura):

Rapat pimpinan nasional Partai Hanura (Partai Hati Nurani Rakyat) mengerucutkan dua arah koalisi dalam pemilu presid en 2014, yakni ke kubu PDI Perjuangan (PDI-P) atau Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra).

Kalau ditanyakan mana yang lebih kuat (arah dukungannya), saya rasa sama kuatnya. Sama-sama memiliki pandangan dan argumentasi untuk memilih dari keduanya.

Dua arah koalisi itu masih terus dikaji oleh Partai Hanura. Apalagi sudah diputuskan bahwa Hanura ingin menjadi partai pemerintah, tidak lagi menjadi oposisi seperti sebelumnya. Makanya, kami menyorot seperti apa kekuatan capres PDI-P Joko Widodo dan capres Hanura Prabowo Subianto.

Kami belum bisa memastikan apakah Partai Hanura bakal lebih condong ke Prabowo dibanding Jokowi. Namun, kami menyodorkan PDI-P sebagai rekan koalisi. Alasannya, PDI-P adalah pemenang pemilu legislatif versi perhitungan cepat. PDI-P juga memiliki calon presiden yang mendapat respons positif di masyarakat. Kalau saya berpandangan yang baik bagi Hanura ke depan ini tentu bergabung dengan PDI-P (TEMPO.CO, Jakarta, 7/5/2014).

Catatan :

Yuddy Chrisnandi mengungkapkan hal di atas di sela rapat pimpinan nasional Hanura di Sultan Hotel, Senayan, Selasa malam (6 Mei 2014). Lobi politik jelang pemilihan presiden cukup gencar dilakukan Hanura. Terakhir yang terdeteksi media adalah pertemuan antara Wiranto dan Prabowo Subianto. Sigi lembaga survei Saifulmujani Research & Consulting menyatakan sebanyak 50 persen pemilih Partai Hanura menjatuhkan pilihannya ke Prabowo Subianto. Sedangkan 36 persen responden memilih Joko Widodo.

Wiranto (Ketua Umum DPP Partai Hanura):

Rapat pimpinan nasional (Rapimnas) hari pertama — Selasa, 6 Mei di Hotel Sultan, Jakarta — yang dilakukan Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura) memberikan mandat kepada saya untuk melanjutkan lobi politik dengan partai-partai lain.

Hasilnya, floor menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum Hanura untuk melanjutkan lobi-lobi politik, komunikasi politik, untuk selanjutnya memutuskan apa yang terbaik yang akan dipilih Hanura untuk berkoalisi.

Dalam berkoalisi, kami akan mencari partai yang memiliki visi dan misi serta nafas perjuangan yang sama. Selain itu, kami juga ingin memastikan bahwa Hanura terjamin masuk dalam sebuah koalisi yang dapat berperan dalam pembangunan nasional.

Saat ini tidak ada kecenderungan Hanura mengarah kepada suatu partai, karena dinamika politik terus bergulir.

Perkembangnan ini tidak bisa diramalkan. Kita tidak bisa meramal ada berapa kubu yang akan muncul, tidak bisa meramal berapa pengelompokan parpol yang nanti mampu mengajukan capres-cawapresnya, jadi tunggu saja karena masih berproses. Karena komunikasi politik masih akan dilanjutkan, maka keputusan koalisi tidak diambil melalui Rapimnas (REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta, 7/5/2014).

Catatan:

Rapimnas Partai Hanura dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Selasa (6/5) dan Rabu (7/5). Rapimnas itu awalnya dimaksudkan untuk menentukan sikap Hanura dalam menghadapi Pilpres 2014, namun Wiranto mengatakan karena komunikasi politik masih akan dilanjutkan, maka keputusan koalisi tidak diambil melalui Rapimnas. Rapimnas dihadiri pengurus harian dewan pengurus pusat (DPP), ketua dewan pengurus daerah (DPD) dari seluruh Indonesia, serta pengurus organisasi sayap dan otonom.

Wiranto (Ketua Umum DPP Partai Hanura):

Lima tahun belakangan, Hanura memutuskan berada di luar pemerintahan. Untuk selanjutnya, kami banting setir dengan masuk pemerintahan. Kami masuk pemerintahan agar bisa menjadi bagian dalam memajukan Indonesia (KOMPAS, Jakarta, 7/5/2014).

Catatan:

Wiranto mengatakan hal itu saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), Selasa malam (6/5). Dalam Rapimnas tersebut Wiranto memaparkan hasil pertemuannya dengan sejumlah tokoh dan juga capres kepada para peserta. Sejumlah tokoh tersebut antara lain capres dari PDI-P Joko Widodo, capres dari Gerindra Prabowo Subianto, capres dari Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa, dan Presiden Paratai Keadilan Sejahtera Anis Matta.

 

Sarifuddin Sudding (Ketua DPP Partai Hanura):

Sudah ada keputusan tentang arah koalisi ke depan. Hanya saja, Wiranto ingin mendengar pimpinan daerah sebelum memutuskan (KOMPAS, 7/5/2014).

 

Yuddy Crisnani (Ketua DPP Partai Hanura):

Evaluasi ini (yakni kinerja Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo) bukan untuk menyingkirkan atau mencopot seseorang. Evaluasi lebih agar keputusan politik Hanura ke depan lebih baik (KOMPAS, 7/5/2014).

Catatan:

Terkait dengan tidak tercapainya target perolehan suara Partai Hanura dalam Pemilu 2014 ini, banyak kritik dilontarkan kepada Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo, yang dinilai gagal. Namun, Hary menyebutkan, hanya segelintir orang yang mengkritik dirinya atau bahkan memintanya mundur dari Partai Hanura.

Facebook Comments

You May Also Like

69 thoughts on “Wacana Koalisi dan Capres-Cawapres di Seputar Partai Hati Nurani Rakyat / Partai Hanura (Seri 3)

  1. I am really impressed with your writing skills
    as neatly as with the layout on your blog. Is this a paid topic or did you customize it yourself?
    Anyway keep up the nice high quality writing, it’s rare to look a great blog like this one these days..

  2. Hi, Neat post. There’s an issue together with your site in web explorer, may test
    this? IE nonetheless is the marketplace leader and a good
    component of other folks will miss your excellent writing because
    of this problem.

  3. I appreciate, result in I found just what I was looking for.
    You have ended my 4 day lengthy hunt! God Bless you man. Have a nice day.
    Bye

  4. Hmm it looks like your website ate my first comment (it was extremely long) so I guess I’ll just sum it up what I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog.
    I too am an aspiring blog writer but I’m still
    new to the whole thing. Do you have any suggestions for
    rookie blog writers? I’d definitely appreciate it.

  5. Great article! This is the type of information that are supposed to be shared around the net.

    Disgrace on the seek engines for not positioning this post upper!
    Come on over and talk over with my site . Thank you =)

  6. I’m really enjoying the design and layout of your site.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and visit more
    often. Did you hire out a developer to create your theme?
    Excellent work!

  7. What i do not realize is if truth be told how you’re not actually much
    more well-appreciated than you might be right now.
    You’re so intelligent. You recognize therefore significantly
    on the subject of this matter, made me for my part consider it from
    a lot of numerous angles. Its like women and men are
    not interested until it’s something to do with Girl gaga!
    Your personal stuffs nice. All the time take care of it up!

  8. I like the valuable info you provide in your articles.
    I will bookmark your weblog and check again here regularly.
    I am quite sure I will learn lots of new stuff right here!
    Good luck for the next!

  9. Hey! I know this is kind of off topic but I was wondering if you knew where
    I could get a captcha plugin for my comment
    form? I’m using the same blog platform as yours and I’m
    having trouble finding one? Thanks a lot!

  10. Link exchange is nothing else however it is just placing the
    other person’s blog link on your page at appropriate place and other person will also do similar in support
    of you.

  11. It is the best time to make some plans for the future and it is time to be happy.
    I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting
    things or advice. Maybe you could write next articles referring to this
    article. I want to read more things about it!

  12. Por ansiedad de rendimiento en el caso de disfunción eréctil se entiende como la presión psicológica para “rendir” adecuadamente durante el sexo.

  13. Various treatment options are available for men with Erectile Dysfunction and a proper evaluation should be done before prior to starting any therapy.

  14. El pene se hincha de tal modo que comprime sus venas impidiendo que la sangre retorne hacia el resto del organismo. La erección del pene ocurre cuando el cuerpo cavernoso, dos estructuras esponjosas en forma de cilindros paralelos dentro del pene, queda lleno de sangre.

  15. Canadianpharmacyonline Dog Keflex Cialis Generique Vente En France order accutane online australia Achat Cialis Gratuit

  16. Dadha Pharmacy Pharmacy Online 365 Review Spanish canadian pharmacy cialis Discount Generic On Line Doryx Order Shop Cheapeast Achat Cialis Avec Ordonnance Viagra GСЂС–РІВ©nСЂС–РІВ©rique QuСЂС–РІВ©bec

  17. Durante su primera visita hemos de tener tres objetivos muy claros: Obtener un diagnóstico preciso, en segundo lugar, conseguir explicarle con claridad las causas y el proceso que le ha llevado a la situación actual (debe entender perfectamente como se ha instaurado su disfunción sexual, dado que su conocimiento sobre la problemática será la base sobre la que se apoyará el tratamiento) y por último elaboraremos un plan de tratamiento para las sesiones siguientes. Comprar Levitra online contrareembolso

  18. If you feel sure that a specific drug has caused the ED problem, ask your health care provider if you can change drugs. He/she will ask about recent stressors in your life. The treatment for ED starts with taking care of your heart and vascular health. It is important to recognize that short-form questionnaire does not evaluate specific areas of the sexual cycle, such as sexual desire, ejaculation, and orgasm; however, it may be useful in discussing ED with patients and evaluating treatment results over time. http://buycialis.online/blog/fight-impotence-with-cialis.html

  19. Sildenafil, better known by the brand name Viagra, is one of the most common and widely used erectile dysfunction treatments available today. Originally developed as a treatment for high blood pressure, sildenafil was approved as an ED drug in the late 1990s. Buy cialis online new zealand. From its introduction until 2007, Viagra was by far the most widely used erectile dysfunction drug on the market, accounting for 92% of global sales in 2000. While sildenafil isn’t quite as dominant as it once was, it’s still by far the most popular treatment for ED.

  20. disfuncion erectil 37 aГ±os. Alimentación: Si sufres de disfunción erectil, puedes consumir determinados alimentos que ayudan a mejorar la circulación, a la relajación de los músculos, la producción de testosterona, etc. Donde Comprar Levitra 10 mg. Este profesional sabrá guiar a la persona afectada hasta dar con el trastorno emocional que está provocando el inconveniente. También la cirugía (especialmente la cirugía radical de próstata debido a cáncer) puede lesionar nervios y arterias cerca del pene, causando DE.

  21. Cualquier trastorno que cause una lesión en los nervios o que deteriore el flujo de sangre al pene puede causar DE. Muchos de estos desencadenantes están relacionados y puede verse afectado por más de uno. De hecho, los sentimientos de inutilidad y culpa inapropiada son uno de los criterios clínicos para el trastorno depresivo mayor, de acuerdo con el DSM-5. Donde comprar Viagra generico barato. La mayoría de las causas de la disfunción eréctil pueden tratarse, los primeros resultados aparecen, aproximadamente, en 3 meses. El mejor tratamiento para la DE psicológica tratará el problema desde su raíz. Colesterol: El colesterol LDL (malo) con valores elevados en conjunto con la baja del colesterol HDL (bueno), o el aumento de los triglicéridos, se conoce una enfermedad que daña las arterias, que son obstruidas, y afectan también a la erección porque no permiten una circulación adecuada en el pene.

Leave a Reply

Your email address will not be published.