Wacana Koalisi dan Capres-Cawapres di Seputar Partai Hati Nurani Rakyat / Partai Hanura (Seri 3)

Oleh BUTONet 2

Yuddy Chrisnandi (Ketua DPP Partai Hanura):

Yang saya tahu, Wiranto sudah bertemu Ical (Aburizal Bakrie) dua kali, dan dari PDI-P sudah dua kali juga, yang satu dengan Jokowi dan satu lagi dengan Tjahjo Kumolo (Sekretaris Jenderal PDI-P).

Meski demikian, Hanura belum menjatuhkan putusan mengenai dukungan capres ataupun koalisi untuk pemilu presiden. Wiranto tidak ingin memutuskan sendiri sehingga harus dibicarakan terlebih dahulu di internal partai.

Keputusan mengundang jajaran pengurus dan pimpinan di daerah untuk mengikuti Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Hanura yang akan digelar hari Selasa (6/5) di Jakarta, agar ada kkesamaan sikap untuk pemilu presiden mendatang. Hanura secara kelembagaan dan Wirano sebagai ketua umum tidak ingin memunculkan keputusan yang tak sejalan dengan aspirasi dari daerah, yang justru berpotensi menimbulkan perpecahan.

Partai pemenang pemilu adalah PDI-P dan hingga saat ini capres yang berpeluang besar terpilih adalah Jokowi. Selain berpeluang besar terpilih, Jokowi sudah hamper pasti memilih cawapres, tidak seperti capres lainnya yang belum jelas pendampingnya siapa.

Dengan dasar semua itu, baik untuk masa depan Hanura jika berkoalisi dengan PDI-P dan mendukung Jokowi sebagai capres pada pemilu (pilpres) mendatang (KOMPAS, Jakarta, 5/5/2014).

______________________________________________________________

Nuning Susaningtyas Kertopati (Ketua DPP Partai Hanura):

Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Hanura akan digelar hari Selasa (6/5) di Jakarta. Rapimnas tidak hanya membahas soal rencana ke depan untuk pemilu presiden, tetapi juga evaluasi hasil pemilu legislatif.

Hanura tidak mau asal-asalan dalam menentukan koalisi atau dukungan kepada capres. Harus ada kesamaan visi dan misi. Itulah yang coba dilakukan oleh Wiranto dengan menemui tokoh-tokoh partai lain (KOMPAS, Jakarta, 5/5/2014).

______________________________________________________________

Wiranto (Ketua Umum Partai Hanura):

Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat)  memutuskan tidak lagi menjadi oposisi. Hanura akan masuk dalam tataran pengambil kebijakan atau pemerintahan.

Kami tidak akan berpangku tangan, tidak akan menjadi penonton, tetapi akan masuk dalam sistem pemerintahan untuk mengambil bagian dalam perubahan Indonesia menjadi maju pada masa depan.

Partai Hanura sudah cukup menjadi oposisi bersama PDI Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonensia Raya (Partai Gerindra) sejak 2009.

Gerakan oposisi membuat Partai Hanura mendapat predikat bersih, tapi ternyata masyarakat tidak juga menjatuhkan pilihan penuh kepadanya dalam pemilu legislatif 2014. Banyak yang tidak memilih partai yang bersih.

Namun yang menjadi persoalan, kondisi politik cukup menyulitkan Partai Hanura untuk meramalkan siapa yang bakal memegang tangkup pemerintahan ke depan. Karena itu, para kader Hanura perlu membuat perhitungan yang cerdas dan tepat untuk meramalkan siapa pemenang pemilu presiden nanti. Sekarang ada empat poros koalisi yang sedang mengemuka. Tentu ini tidak mudah (TEMPO.CO, Jakarta, 6/5/2014).

Catatan :

Wiranto mengungkapkan hal di atas saat membuka Rapat Pimpinan Nasional Hanura di Sultan Hotel, Senayan, Selasa, 6 Mei 2014. Rapimnas tersebut berlangsung hingga Rabu, 7 Mei 2014, dan diikuti ratusan pengurus pusat dan daerah. Rapimnas bertujuan menentukan arah koalisi Partai Hanura menjelang pemilu presiden Juli mendatang.

______________________________________________________________

Wiranto (Ketua Umum Partai Hanura):

Nanti ada rilis tentang pertemuan ini (yakni pertemuan tertutup antara Wiranto dengan elite Partai Hanura sebelum Rapimnas dibuka secara resmi di Hotel Sultan, Senayan, Selasa, 6 Mei 2014 — Redaksi BUTONet 2), nanti, nanti (TEMPO.CO, Jakarta, 6/5/2014).

Catatan:

Rapat atau pertemuan tertutup — yang berlangsung sekitar 15 menit — tersebut tidak dihadiri oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Hanura Hary Tanoesoedibjo. Para elite Hanura yang hadir dalam rapat itu antara lain Ketua Dewan Pimpinan Pusat Saleh Husin, Sarifudin Sudding, Gusti Randa, dan Wisnu Dewanto.

Wiranto yang dicegat wartawan, bungkam ihwal ketidakhadiran Hary dalam rapat tersebut. Ia juga menolak menanggapi desakan kadernya yang meminta Hary Tanoesoedibjo mundur dari jabatan Ketua Bapilu.

Sebelumnya, Ketua DPP Hanura Fuad Bawazier menuding Hary tak bekerja maksimal menaikkan suara Hanura pada pemilu legislatif lalu.

______________________________________________________________

Yuddy Chrisnandi (Ketua DPP Partai Hanura):

Rapat pimpinan nasional Partai Hanura (Partai Hati Nurani Rakyat) mengerucutkan dua arah koalisi dalam pemilu presiden 2014, yakni ke kubu PDI Perjuangan (PDI-P) atau Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra).

Kalau ditanyakan mana yang lebih kuat (arah dukungannya), saya rasa sama kuatnya. Sama-sama memiliki pandangan dan argumentasi untuk memilih dari keduanya.

Dua arah koalisi itu masih terus dikaji oleh Partai Hanura. Apalagi sudah diputuskan bahwa Hanura ingin menjadi partai pemerintah, tidak lagi menjadi oposisi seperti sebelumnya. Makanya, kami menyorot seperti apa kekuatan capres PDI-P Joko Widodo dan capres Hanura Prabowo Subianto.

Kami belum bisa memastikan apakah Partai Hanura bakal lebih condong ke Prabowo dibanding Jokowi. Namun, kami menyodorkan PDI-P sebagai rekan koalisi. Alasannya, PDI-P adalah pemenang pemilu legislatif versi perhitungan cepat. PDI-P juga memiliki calon presiden yang mendapat respons positif di masyarakat. Kalau saya berpandangan yang baik bagi Hanura ke depan ini tentu bergabung dengan PDI-P(TEMPO.CO, Jakarta, 7/5/2014).

Catatan :

Yuddy Chrisnandi mengungkapkan hal di atas di sela rapat pimpinan nasional Hanura di Sultan Hotel, Senayan, Selasa malam (6 Mei 2014). Lobi politik jelang pemilihan presiden cukup gencar dilakukan Hanura. Terakhir yang terdeteksi media adalah pertemuan antara Wiranto dan Prabowo Subianto. Sigi lembaga survei Saifulmujani Research & Consulting menyatakan sebanyak 50 persen pemilih Partai Hanura menjatuhkan pilihannya ke Prabowo Subianto. Sedangkan 36 persen responden memilih Joko Widodo.

______________________________________________________________

Wiranto (Ketua Umum DPP Partai Hanura):

Rapat pimpinan nasional (Rapimnas) hari pertama — Selasa, 6 Mei di Hotel Sultan, Jakarta — yang dilakukan Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura) memberikan mandat kepada saya untuk melanjutkan lobi politik dengan partai-partai lain.

Hasilnya, floor menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum Hanura untuk melanjutkan lobi-lobi politik, komunikasi politik, untuk selanjutnya memutuskan apa yang terbaik yang akan dipilih Hanura untuk berkoalisi.

Dalam berkoalisi, kami akan mencari partai yang memiliki visi dan misi serta nafas perjuangan yang sama. Selain itu, kami juga ingin memastikan bahwa Hanura terjamin masuk dalam sebuah koalisi yang dapat berperan dalam pembangunan nasional.

Saat ini tidak ada kecenderungan Hanura mengarah kepada suatu partai, karena dinamika politik terus bergulir.

Perkembangnan ini tidak bisa diramalkan. Kita tidak bisa meramal ada berapa kubu yang akan muncul, tidak bisa meramal berapa pengelompokan parpol yang nanti mampu mengajukan capres-cawapresnya, jadi tunggu saja karena masih berproses. Karena komunikasi politik masih akan dilanjutkan, maka keputusan koalisi tidak diambil melalui Rapimnas (REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta, 7/5/2014).

Catatan:

Rapimnas Partai Hanura dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Selasa (6/5) dan Rabu (7/5). Rapimnas itu awalnya dimaksudkan untuk menentukan sikap Hanura dalam menghadapi Pilpres 2014, namun Wiranto mengatakan karena komunikasi politik masih akan dilanjutkan, maka keputusan koalisi tidak diambil melalui Rapimnas. Rapimnas dihadiri pengurus harian dewan pengurus pusat (DPP), ketua dewan pengurus daerah (DPD) dari seluruh Indonesia, serta pengurus organisasi sayap dan otonom.

______________________________________________________________

Wiranto (Ketua Umum DPP Partai Hanura):

Lima tahun belakangan, Hanura memutuskan berada di luar pemerintahan. Untuk selanjutnya, kami banting setir dengan masuk pemerintahan. Kami masuk pemerintahan agar bisa menjadi bagian dalam memajukan Indonesia (KOMPAS, Jakarta, 7/5/2014).

Catatan:

Wiranto mengatakan hal itu saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), Selasa malam (6/5). Dalam Rapimnas tersebut Wiranto memaparkan hasil pertemuannya dengan sejumlah tokoh dan juga capres kepada para peserta. Sejumlah tokoh tersebut antara lain capres dari PDI-P Joko Widodo, capres dari Gerindra Prabowo Subianto, capres dari Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa, dan Presiden Paratai Keadilan Sejahtera Anis Matta.

______________________________________________________________

Sarifuddin Sudding (Ketua DPP Partai Hanura):

Sudah ada keputusan tentang arah koalisi ke depan. Hanya saja, Wiranto ingin mendengar pimpinan daerah sebelum memutuskan (KOMPAS, 7/5/2014).

______________________________________________________________

Yuddy Crisnani (Ketua DPP Partai Hanura):

Evaluasi ini (yakni kinerja Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo) bukan untuk menyingkirkan atau mencopot seseorang. Evaluasi lebih agar keputusan politik Hanura ke depan lebih baik (KOMPAS, 7/5/2014).

Catatan:

Terkait dengan tidak tercapainya target perolehan suara Partai Hanura dalam Pemilu 2014 ini, banyak kritik dilontarkan kepada Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo, yang dinilai gagal. Namun, Hary menyebutkan, hanya segelintir orang yang mengkritik dirinya atau bahkan memintanya mundur dari Partai Hanura.

______________________________________________________________

Facebook Comments

You May Also Like

214 thoughts on “Wacana Koalisi dan Capres-Cawapres di Seputar Partai Hati Nurani Rakyat / Partai Hanura (Seri 3)

  1. Espero y les guste Lyrics: Hoy la soberbia hizo violar tu valor y la avaricia lamió tu deshonor cuanto duele sentir que uno esta perdido que la amargura se folló a tu destino Quítale la ropa interior al dolor desnúdate cortés y dime ¿qué ves? Las Causas de la Disfunción Eréctil son dos principalmente: físicas u orgánicas (Insuficiencia del riego sanguíneo del pene, producida por varios factores de base orgánica) y /o psicológicas. Aunque ocurre varias veces durante el sueño, es difícil saber cuándo ocurrirá justo en el momento que nos despertamos. Comprar cialis españa

  2. Predisone On Line Levitra Kaufen 10 Mg Acheter Cialis Levitra Viagra Come Kamagra Over The Counter Diabetic Medicine Discount Generic Legally Stendra 50mg Fedex Shipping No Script Needed

  3. Severe or resistant cases may require stress counseling with a therapist or psychologist or medical treatment with a psychiatrist. If the scalp appears perfectly normal with plenty of empty hair follicles, this is called non-scarring hair loss.

  4. Counsellors and psychologists can assist with these and a wide range of other sexual and relationship problems and can also help female partners suffering from sexual problems.

  5. Buy cialis online uk. If a medicine you need for another health condition is causing ED, your doctor may suggest a different dose or different medicine. Never stop taking a medicine without speaking with your doctor first. Read about which medicines make it more likely that you’ll develop ED.

  6. Remedios caseros: Se pueden preparar en casa o comprarse en sitios naturistas, generalmente están hechos en base a semillas, hierbas, vegetales, etc. Si bien la depresión puede causar sentimientos de tristeza, es mucho más profunda y tiende a persistir mucho más allá de cualquier causa o desencadenante específico Los tres implican sistemas corporales específicos que incluyen hormonas, músculos, vasos sanguíneos, sistema nervioso y emociones. Las investigaciones en este ámbito han sido intensas y han empezado a dar resultados bastante satisfactorios y cada vez existen en el mercado más tratamientos y alternativas que permiten tratar esta patología con bastante éxito y sin entrañar riesgos para la salud. https://comprarlevitra.com/

  7. Tienen menos efectos secundarios que las inyecciones y los fármacos, es sumamente aconsejable que se utilice un condón para que dicha crema no esté en contacto con la vagina. La terapia cognitiva conductual (TCC) es un tratamiento común y altamente eficaz para los problemas psicológicos en general, pero también para la DE. Comprar Viagra generico online. Explicó que actualmente existen medicamentos para tratar este padecimiento, los cuales no solo contribuyen a tener una erección sino también mejoran la cantidad de espermatozoides y la calidad del orgasmo.

  8. Se ha reportado muy rara vez una asociación temporal con el uso de inhibidores de la fosfodiesterasa-5, de neuropatía óptica isquémica no arterítica, que causa disminución de la visión permanente o transitoria. Cuando esto sucede, su cerebro se “entrena” para no solo esperar sino, en cierto modo, necesitar ese tipo de experiencia para lograr la excitación y el clímax. Comprar Levitra de forma segura. En general, los especialistas en medicina familiar (médicos de cabecera especializados) son junto a los urólogos los cardiólogos y los psiquiatras son los más formados para la valoración, manejo y tratamiento de la disfunción eréctil.

  9. Cialis Online medications may not be as popular as the industry-leading Viagra, but the ingredients in Cialis offer even better benefits to a man who suffers from impotence or erectile dysfunction.

  10. They also sell cialis in a variety of presentations such as soft tablet, for men who have a difficult time swallowing pills, and in regular tablets which come in a variety of dosages.

Leave a Reply

Your email address will not be published.