Wacana Koalisi dan Capres-Cawapres di Seputar Partai Keadilan Sejahtera / PKS (Seri 4)

Oleh BUTONet 2

pksgerindraFadli Zon (Wakil Ketua Umum Partai Gerindra):

Beberapa hari lalu ada pertemuan antara Prabowo dan Hatta Rajasa untuk membahas platform dan persiapan koalisi. Termasuk pembicaraan tentang cawapres.Selain dengan Partai Golkar dan PAN, selama ini Partai Gerindra juga melakukan pembicaraan intensif dengan PKS, Hanura, Golkar, dan PPP. Dengan Partai Demokrat juga akan segera bertemu (KOMPAS, 8/5/2014).

______________________________________________________________

Hidayat Nur Wahid (Anggota Tim Khusus Koalisi dari PKS):

Dekalarasi koalisi antara PKS dan Partai Gerindra akan dilakukan pada akhir pekan ini. PKS sudah menyampaikan program-program yang harus diperjuangkan pada pemerintahan mendatang. Salah satu isu yang menjadi pembicaraan adalah soal “kontrak karya” perusahaan internasional. Kami mengusulkn bagaimana menego nasionalisasi atau apa pun namanya. Sebab, kezaliman tak boleh berlanjut (KOMPAS, 8/5/2014).

______________________________________________________________

Refrizal (Anggota Majelis Syura PKS):

Sudah ada pembicaraan untuk membangun koalisi besar yang terdiri atas Partai Gerindra, PKS, Golkar, Hanura, serta kemungkinan ditambah PAN, dan PPP(KOMPAS, 8/5/2014).

_______________________________________________________________

Hashim Djojohadikusumo (Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya):

Pak Ical (Aburizal Bakrie) bukan cawapres Prabowo, hal ini sudah dibicarakan. Cawapres Prabowo mengerucut ke sosok Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. Mereka (Prabowo dan Hatta) cocok saja, termasuk dari program.

Meski demikian, Gerindra tetap membuka peluang berkoalisi dengan Partai Golkar. Sejauh ini, koalisi yang telah dipastikan adalah antara Gerindra dan PAN dan PKS. Gerindra juga ada kemungkinan berkoalisi dengan Partai Hati Nurani Rakyat. Prabowo sudah tiga kali bertemu dengan Ketua Umum Hanura Wiranto(KOMPAS, 10/5/2014).

______________________________________________________________

Sohibul Iman (Anggota Tim Khusus Koalisi dari PKS / TIM 5 PKS):

Kemarin siang (Jum’at, 9/5) kembali digelar pertemuan rahasia dengan tim Partai Gerindra. Saat ini, pembicaraan belum sampai pada pemilihan cawapres. Pembicaraan baru sampai pada alasan koalisi, karakter koalisi, prinsip koalisi, dan rumusan tentang agenda pemerintahan ke depan.

Cawapres akan dibahas jika sudah jelas partai yang terlibat koalisi. Kami akan bahas bersama dalam satu meja(KOMPAS, 10/5/2014).

Catatan:

Meski belum membahas masalah cawapres, PKS menyiapkan tiga nama guna diajukan sebagai cawapres untuk mendampingi Prabowo. Mereka adalah Ketua Fraksi PKS di DPR Hidayat Nur Wahid, Presiden Anis Matta, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

_______________________________________________________________

Sohibul Iman (Anggota Tim Khusus Koalisi dari PKS / TIM 5 PKS):

Kami makin serius membangun koalisi. Deklarasi kami upayakan segera, tetapi belum fixed (pasti). PKS menghormati keputusan PAN mengajukan Hatta sebagai cawapres. Semua anggota koalisi berhak mengajukan cawapres masing-masing. Siapa yang akan dipilih menjadi cawapres itu ada di tangan capres (KOMPAS, 10/5/2014).

______________________________________________________________

Fadli Zon (Wakil Ketua Umum Partai Gerindra):

Pertemuan sehari sebelumnya antara Partai Gerindra dengan PKS tinggal membahas butir-butir kesepakatan yangbersifat normative. Dari Gerindra ada lima orang dan dari PKS ada lima orang.

Hal-hal normative yang dibahas tersebut terkait dengan platform, seperti soal kesepakatan dan mengedepankan Pancasila. Setelah hal-hal normatif itu dirumuskan, pekan depan menurut rencana aka nada deklarasi resmi. Kami tidak membicarakan soal cawapres dengan PKS.

Selain dengan PKS, kerucut koalisi Partai Gerindra telah terlihat dengan PAN. Selain dengan PKS dan PAN, Gerindra berharap juga koalisi dengan Partai Hanura. Tadi malam Pak Prabowo bertemu lagi dengan Pak Wiranto. Ini berarti sudah tiga kali mereka ketemu untuk urusan ini (KOMPAS, 11/5/2014).

________________________________________________________________

Sohibul Iman (Anggota Tim Khusus Koalisi / Tim 5 PKS):

Sejak awal PKS sudah serius berkoalisi dengan Partai Gerindra. Cawapres dan cabinet sebaiknya dibicarakan setelah deklarasi partai-partai anggota koalisi (KOMPAS, 16/5/2014).

_____________________________________________________________

Facebook Comments

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × three =